Calon Wakil Wali Kota Semarang, Iswar Aminuddin, membuka kejuaraan voli Piala PBV Vokan Semarang, Sabtu 12 Oktober 2024. foto : tim

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Ketua Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Iswar Aminuddin membuka kejuaraan bola voli Piala PBV Vokan ke-5, Semarang, Sabtu 12 Oktober 2024. Kejuaraan usia dini tahunan ini digelar di GOR Vokan, Krobokan, Semarang.

Pembukaan kejuaraan bola voli Piala PBV Vokan ke-5 Semarang ditandai dengan pukulan pertama atau servis oleh Iswar, sebagai simbol dimulainya pertandingan.

Iswar mengatakan, kompetisi semacam ini penting rutin dilakukan untuk menjaring bibit-bibit unggul atlet bola voli Jawa Tengah, khususnya Kota Semarang. Terlebih kejuaraan yang diperuntukkan bagi atlet-atlet muda dan usia dini.

Ia berharap pengelola klub, pelatih maupun orang tua atlet semakin termotivasi untuk mengikuti kompetisi-kompetisi serupa.

“Kompetisi seperti ini, anak-anak harus sering mengikuti, para pelatih harus sering mengajak agar pengalaman anak-anak bisa semakin banyak. Pengalaman semakin banyak maka akan semakin mengetahui sisi kelemahan masing-masing,” beber calon Wali Kota Semarang ini.

Iswar juga memotivasi para atlet untuk terus rajin berlatih agar kemampuan mereka meningkat. Dengan demikian mereka kelak bisa bersaing di kancah perbolavolian nasional maupun internasional.

“Jadi tetaplah terus berlatih agar perbolavolian Tanah Air, khususnya di Jawa Tengah, Jawa Timur dan DIY, terutama di Semarang bisa semakin berkembang,” ucap pasangan calon Wali Kota Semarang Agustina Wilujeng Pramestuti ini.

“Selamat bertanding, mudah-mudahan pengalaman pertandingan di kejuaraan ini bisa menjadi bekal agar kemudian anak-anakku semua berprestasi. Selamat bertanding dan jaga sportivitas,” imbuh dia.

Ketua Panitia Penyelenggara Piala PBV Vokan ke-5, Sukarman menyebutkan kejuaran ini adalah kompetisi rutin yang digelar pihaknya. Tujuannya menambah pengalaman bertanding sekaligus mengasah kemampuan para atlet muda dan usia dini.

“Kejuaraan Ini adalah agenda rutin PBV Vokan Semarang yang diagendakan setiap bulan Oktober. Agar anak biar termotiviasai, ada kelompok umur usia dini, jadi memang ini pesertanya kecil-kecil, agar kedepannya bisa menjadi atlet-atlet berprestasi,” tutur pria yang juga Ketua PBV Vokan ini.

Ditambahkan Piala PBV Vokan ke-5 diikuti 13 klub bola voli yang tak hanya berasal dari Kota Semarang. Sejumlah klub dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan Daerah Istimewa Yogyakarta juga turut serta.

“Ada 6 kelompok usia yang akan bertanding setiap Sabtu dan Minggu, mulai hari ini sampai 27 Oktober 2024 ini. Yakni kelompok usia kelahiran 2013, kemudian usia 12 tahun putra, 13 tahun putri, 15 tahun putri, 14 tahun putra dan 16 tahun putra,” terang dia.

“Melalui kejuaraan ini, semoga bola voli di Jawa Tengah, Jawa Timur dan DIY bisa berkembang dengan pesat,” tukas dia.

Hery Priyono