11 orang atlet yang berhasil meraih beasiswa bulutangkis PB Djarum setelah melewati proses audisi yang ketat. foto: PB Djarum

KUDUS (SUARABARU.ID) – Sebanyak 11 atlet muda berhasil meraih Djarum Beasiswa Bulutangkis dan resmi bergabung dengan klub PB Djarum setelah melewati serangkaian seleksi ketat dalam Audisi Umum PB Djarum 2024. Mereka terpilih dari total 1.966 peserta yang datang dari berbagai penjuru Indonesia, setelah melewati tahap screening, turnamen, hingga masa karantina.

Para atlet yang lolos tersebut terbagi dalam berbagai kategori, yaitu tiga atlet U-11 Putra, dua atlet U-11 Putri, dua atlet KU11 Putra, satu atlet KU11 Putri, satu atlet KU12 Putra dan dua atlet KU12 Putri.

Mereka berasal dari berbagai daerah, termasuk Kabupaten Ketapang, Kota Palembang, Kabupaten Deli Serdang, Kota Surabaya dan Kota Denpasar.

Ketua Tim Pencari Bakat Audisi Umum PB Djarum 2024, Sigit Budiarto, menyatakan seleksi yang sangat ketat telah dilakukan terhadap semua peserta audisi. Pada tahap karantina, atau tahap akhir dari proses audisi, total ada 25 peserta yang bertahan.

Setelah dilakukan evaluasi akhir, akhirnya hanya ada 11 anak yang secara resmi menjadi penerima beasiswa bulutangkis PB Djarum.

“Selamat bergabung kepada anggota baru PB Djarum. Mereka adalah yang terbaik dari yang terbaik, sesuai kebutuhan klub. Bagi yang belum berhasil, jangan patah semangat, karena masih ada kesempatan lain,” ujar Sigit saat dihadapan para awak media, Sabtu (12/10/2024).

Sigit menyatakan, para atlet yang lolos seleksi menunjukkan kemampuan teknik yang unggul, mental baja, serta semangat pantang menyerah, sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Tim Pencari Bakat dan jajaran pelatih PB Djarum.

Ia juga berpesan kepada para atlet muda agar memaksimalkan potensi yang dimiliki untuk meneruskan kejayaan bulu tangkis Indonesia.

“PB Djarum akan terus memberikan pembinaan yang komprehensif dan rutin mengirimkan atlet-atletnya bertanding di turnamen nasional hingga internasional,” tandasnya.

Sementara, Pelatih PB Djarum, Ferry, juga mengapresiasi semangat dan daya juang para atlet muda yang lolos seleksi, meskipun mereka masih berusia di bawah 12 tahun. “Semangat dan mental juang mereka membuat pelatihan berjalan dengan baik,” katanya.

Senada dengan Ferry, Pelatih Atlet Putri PB Djarum, Roy Djojo Effendy, menyoroti peningkatan jumlah peserta putri dalam audisi tahun ini. Ia menekankan tren positif ini akan meningkatkan kualitas bulu tangkis putri di masa depan.

“Kami optimistis peningkatan ini selaras dengan kualitas. Para atlet yang lolos audisi tidak boleh cepat puas, karena perjalanan mereka masih panjang,” imbuhnya.

Sementara, deraian air mata tak terbendung di wajah Marcel Jhonatan, atlet asal Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Atlet belia ini lolos seleksi dari KU12 Putra, setelah pada audisi sebelumnya sempat gagal.

“Senang sekali akhirnya bisa lolos,”katanya.

Marcel bertekad untuk bersungguh-sungguh menjalani latihan dan mengikuti instruksi pelatih. Impian saya adalah mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia, seperti idola saya Kevin Sanjaya.

Berikut para peraih Djarum Beasiswa Bulutangkis 2024: (Kelompok Usia, Nama, Kabupaten/Kota Asal):

U-11 Putra:

Nawaf Al Ashar – Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Aqila Rifky Pramudia – Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

U-11 Putri:

Aqilla Syifa Aulia – Kota Salatiga, Jawa Tengah.

Keysha Almirah Dewi – Kota Surabaya, Jawa Tengah.

KU-11 Putra:

Kevin Gunawan – Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Gufran Labib Fanani – Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Kenneth Kenzho Nugroho – Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

KU-11 Putri:

Syadza Bella Zerlinda Jagadita – Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

KU-12 Putra:

Marcel Jhonatan – Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

KU-12 Putri:

Laura Leydisya – Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Ketut Aira Cerlania – Kota Denpasar, Bali.

 

Ali Bustomi