Atlet NPCI Blora meraih medali di Peparnas XVII Solo 2024. Jumat 11 Oktober 2024. Foto: NPCI Blora

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 (SUARABARU.ID) — Atlet National Paralympic Comitte Indonesia (NPCI) Kabupaten Blora kembali panen medali di Peparnas 2024 Solo, terutama di cabang olahraga atletik meraih medali emas.

Sejumlah atlet NPCI Blora mempersembahkan medali emas bagi kontingen Jawa Tengah di hari keempat dan kelima Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVII Solo 2024 di Surakarta, Jawa Tengah.

Medali emas kembali diraih atlet atletik, atasnama Meidista Afdarista di kelas 4×100 meter estafet putri dan Yusuf Fikri Albar di kelas 400 meter putra dan 4×400 meter estafet putra, di kelas estafet putri, Meidista dan kawan-kawan mencapai finish pertama setelah mencatatkan waktu 52.04 detik mengalahkan dua lawannya dari Jawa Barat dan Kalimantan Timur.

Sedangkan, pada kelas estafet putra, atasnama Yusuf Fikri Albar dan kawan-kawan mencapai finis pertama dengan catatan waktu 3 menit 59.13 detik unggul atas atlet Papua dan Riau. Sementara di kelas 400 meter, Yusuf Fikri Albar menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 54.49 detik. Unggul atas atlet Sulut dan NTT.

Medali untuk Jawa Tengah

Dengan hasil ini, secara keseluruhan para atlet NPCI Kabupaten Blora berhasil mempersembahkan 5 medali emas dan 1 medali perunggu bagi kontingen Jawa tengah. Perolehan medali ini sebenarnya bisa bertambah jika atlet menembak Soni Wijaya tidak didiskualifikasi panitia.

Soni yang rencananya baru akan bertanding pada Sabtu (12/10/2024) besok terpaksa gagal bertanding dikarenakan terbentur aturan Technical Handbook (THB) serta Maximum Qualification Score (MQS) tidak memenuhi standard panitia.

Ketua NPCI Kabupaten Blora, Sriyono Abdul Qohar mengaku puas dengan penampilan para atletnya yang mempersembahkan 6 medali bagi kontingen Jawa Tengah.

“Tentunya saya dan seluruh pengurus NPCI Blora merasa plong dan sangat senang atas capaian para atlet. Ini diluar prediksi kami. Para atlet telah berjuang sangat luar bisa demi membawa nama baik Jawa Tengah dan Kabupaten Blora,” ujar Sriyono Abdul Qohar, Jumat, (11/10/2024).

Empat Atlet Blora

Pada kesempatan itu, Meidista Afdarista mengaku puas dengan apa yang telah dicapainya.

“Tentunya Dista senang sekali mas, dapat 3 emas, di estafet kemarin sebetulnya kami tidak ditarget emas, tapi Alkhamdulillah kerja keras tim kami akhirnya bisa meraih medali emas,” kata Meidista Afdarista.

Untuk diketahui, pada Peparnas XVII Solo 2024, sebanyak 4 atlet NPCI Blora yang bertanding membela Jawa tengah, keempatnya yakni Meidista Afdarista, Yusuf Fikri Albar, Ariyo Ariyona dan Soni Wijaya.
Kudnadi Saputro