Tersangka curanmor di Kantor BPBD Kabupaten Purworejo, F (31) saat rilis media. Foto: Dok.Humas Polres Pwr

PURWOREJO (SUARABARU.ID)- Aksi pencurian kendaraan bermotor (ranmor), kembali terjadi di wilayah Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Aksi kriminal yang berhasil diungkap oleh Satreskrim Polres Purworejo, Polda Jateng kali ini terbilang nekat.

Tersangka F (31), warga Ngupasan, Kelurahan Pangenjurutengah, Kecamatan/Kabupaten Purworejo, nekat mengambil motor milik Rezky, pegawai BPBD Kabupaten Purworejo pada 14 Agustus 2024 silam.

Saat itu korban memarkir motor jenis Honda Beat miliknya, di halaman kantor BPBD Jalan Sarwo Edhie Wibowo.

Saat itu sekitar pukul 03.00 WIB, Rezky masih melihat motornya, namun sata terbangun pukul 06.30 WIB, motor tersebut telah menghilang.

Setelah mengetahui motornya hilang, korban pun langsung melaporkannya ke polisi.

Setelah melakukan serangkaian penyelidikan, polisi akhirnya berhasil mengidentifikasi pencuri motor, yakni F.

Tersangka F ditangkap di sebuah konter HP di Desa Kalimiru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo pada Selasa, 24 September 2024, sekitar pukul 22.30 WIB.

Tersangka berinisial F diketahui sebagai pencuri spesialis ranmor. Kasus pencurian yang dialami Rezky diduga hanya satu dari sekian banyak TKP yang menjadi sasaran jaringan pencurian yang melibatkan F.

“Selain kantor BPBD, sejumlah lokasi lain yang juga menjadi target pencurian termasuk Gedung Kesenian, garasi katering DR Kost di Sindurjan, dan beberapa kontrakan serta tempat kos di daerah Kelurahan Meranti dan Pangen Rejo.

Saat ini kami tengah melakukan penyelidikan intensif untuk menangkap pelaku pencurian dan mengungkap seluruh jaringan yang terlibat,” terang Kapolres Purworejo, AKBP Edy Bagus Sumantri dalam rilis media, Rabu (09/10/2023).

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangkat F dijerat dengan pasal 363 Ayat 1 dan 3 KUHP. Ancaman hukumannya maksimal tujuh tahun penjara.

Kapolres menambahkan, ia dan jajarannya mengajak masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan segera melaporkan setiap kejadian mencurigakan.

Hal itu guna meminimalisasi aksi kriminal seperti pencurian kendaraan bermotor.

“Kerja sama yang baik antara masyarakat dan kepolisian sangat penting dalam menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman,” kata Kapolres.

Dikatakan, kejadian ini menjadi pengingat bagi warga untuk lebih berhati-hati dalam menjaga kendaraan dan barang berharga mereka.

“Keamanan bersama sangat penting dalam mencegah terjadinya kejahatan di lingkungan kita,” pungkas Kapolres.
Vash