Sekjen APSF, Wandee Tosuwan (kedua dari kiri), saat mengecek Media Center Peparnas XVII/2024 di Solo, yang disediakan Kominfo. Foto: dok/peparnas

SOLO (SUARABARU.ID)– Sekretaris Jenderal (Sekjen) ASEAN Para Sport Federation (APSF), Wandee Tosuwan, memberikan apresiasinya pada fasilitas Media Center Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII di Solo, yang disediakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Dia berharap, fasilitas ini dapat menjadi standar global dalam memberikan dukungan kepada para jurnalis, di ajang multievent olahraga internasional ini.

”Media Center ini sangat lengkap dan berkelas dunia. Fasilitas yang ada sangat membantu rekan-rekan jurnalis, dalam meliput event ini. Semua informasi mudah diakses, dan ini benar-benar saya apresiasi,” ujar Wandee, dalam konferensi pers di Media Center Peparnas XVII/2024 Solo, Selasa (8/10/2024).

BACA JUGA: Polda Jateng Bersama Universitas Semarang Ajak Masyarakat Wujudkan Pendidikan Tanpa Kekerasan

Disampaikan dia, Media Center itu tidak hanya menyediakan ruang kerja yang nyaman bagi jurnalis, tetapi juga dilengkapi fasilitas pendukung lainnya. Seperti makanan, ruang relaksasi, internet berkecepatan tinggi, serta keramahan staf.

”Semua staf di sini ramah, dan selalu menyapa dengan senyuman. Saya telah mengunjungi beberapa media center di Hangzhou dan Kamboja, namun Media Center di Solo sangat spesial. Tidak hanya megah, tetapi fasilitasnya benar-benar berkelas dunia,” tambahnya.

Selain itu, Sekjen APSF itu juga menilai, fasilitas untuk atlet disabilitas di Indonesia, terutama di Solo, telah mengalami peningkatan yang signifikan, bila dibandingkan dengan dua tahun lalu. Dia berharap, akan lebih banyak ajang internasional dapat diselenggarakan di Indonesia, khususnya di Solo.

BACA JUGA: Kesbangpol Kota Semarang Bersama BNNP Jateng Workshop Bersatu Melawan Narkoba

”Saya pernah ke Indonesia dua tahun lalu, dan sekarang saya melihat perubahan yang drastis. Fasilitas di Solo sudah sangat baik,” ungkapnya, seraya menyebut, upacara pembukaan yang dilakukan di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (6/10/2024) lalu, juga sangat megah.

Sementara itu, Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Senny Marbun, menuturkan, sarana dan prasarana yang tersedia saat ini sangat layak untuk pelaksanaan multievent, seperti Peparnas kali ini.

”Solo sudah memiliki fasilitas yang lengkap dan ramah disabilitas. Sehingga sangat cocok menjadi tuan rumah multievent seperti ini,” tukasnya.

Riyan