Calon Wakil Wali Kota Semarang, Joko Santoso, meninjau kampung nelayan Tambaklorok dan berdialog dengan warga, Senin 7 Oktober 2024. Foto : Tim

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Calon Wakil Wali Kota Semarang nomor urut 2, Joko Santoso meninjau kampung nelayan Tambaklorok, Kelurahan Tanjungmas, Kecamatan Semarang Utara, Senin 7 Oktober 2024. Kedatangannya disambut antusias oleh warga setempat.

Di sana Joko Santoso melihat kondisi rumah warga yang menjadi korban angin puting beliung yang terjadi beberapa waktu lalu. Total ada sebanyak 11 rumah di Tambaklorok yang rusak, terdiri dari RT 02 RW 16 tiga rumah, RT 03 RW 16 delapan rumah.

Pada kesempatan itu, dia juga berbincang dengan masyarakat untuk mengetahui persoalan yang sering dikeluhkan. Dia bersama calon wali kota Yoyok Sukawi berkomitmen memprioritaskan pembenahan kawasan pesisir, terutama dalam mengatasi banjir rob.

“Pembenahan kawasan pesisir menjadi salah satu prioritas, kita harus berkeadilan tentang pembangunan ini. Jadi Semarang atas dan Semarang bawah sama-sama menikmati pembangunan secara merata dan adil. Ini tentu kewajiban Yoyok-Joss bocahe dewe,” ujarnya.

Menurut Joko, sheet pile atau tanggul laut di Tambak Lorok yang sudah dibangun oleh pemerintah pusat bisa menjadi penangkal rob. Namun menurutnya, infrastruktur tersebut tidak cukup, sehingga juga harus didukung oleh kebijakan pemerintah daerah.