Sekda Jateng Sumarno mengikuti kegiatan Fun Run dalam rangka “Launching kegiatan Run Against .Cancer (RAC) ke – 5”5 di Awanncosta, kompleks POJ City, Kota Semarang, Minggu, 6 Oktober 2024. Foto: Humas Pemprov

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah, Sumarno mengikuti kegiatan Fun Run dalam rangka “Launching kegiatan Run Against Cancer (RAC) ke – 5” di Awanncosta, kompleks POJ City, Kota Semarang, Minggu, 6 Oktober 2024.

Kegiatan lari yang diikuti oleh 100 pelari dari berbagai komuntas itu menempuh jarak 5 km.

Beberapa komunitas lari yang mengikuti even ini adalah Semarang Runners, Pekalongan Runners, Batang Runners, Playon Desa, dan Mono Run.

Sumarno mengaku menyambut baik rencana kegiatan RAC yang akan dilaksanakan pada Februari 2025 mendatang. Tujuannya, guna menggalang dana untuk membantu pelayanan kesehatan bagi para penderita kanker.

Menurut dia, kanker merupakan salah satu penyakit yang membawa pengaruh besar terhadap kehidupan sosial ekonomi penderitanya.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan berpengaruh terhadap kondisi psikologisnya. Oleh karenanya, para penderitanya butuh dukungan banyak orang.

Ia berharap, para runners bisa menularkan energi positif untuk membangun hidup sehat. Sebab, segala penyakit bisa ditangkal dengan pola hidup sehat.

Sumarno mengatakan, pemerintah terbantu dengan adanya kegiatan RAC yang dilaksanakan Perhimpunan Hematologi-Onkologi Medik Penyakit Dalam Indonesia (Perhompedin) cabang Semarang secara rutin.

Sebab, layanan kesehatan dan pengobatan kanker tidak sedikit.

Menurut dia, penyelesaian masalah kesehatan maupun kesejahteraan masyarakat memang menjadi
tanggung jawab pemerintah, namun tetap membutuhkan bantuan dari stakeholders lain.