Kepala SMA Muhammadiyah, Nanik Ambarwati mengajak para siswanya agar tidak golput dalam Pilkada Serentak 2024 mendatang. Foto: Dok KPU Grobogan.

GROBOGAN (SUARABARAU.ID) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Grobogan menggelar sosialisasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah serta Bupati dan Wakil Bupati Grobogan tahun 2024, di Aula SMA Muhammadiyah Purwodadi, Kamis 3 Oktober 2024.

Kegiatan sosialisasi ini bertajuk “KPU Goes to School” ini menghadirkan narasumber Komisioner KPU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Ngatiman. Hadir dalam kegiatan tersebut, puluhan para siswa SMA Muhammadiyah yang dikategorikan sebagai pemilih pemula atau yang sudah berusia 17 tahun.

Ngatiman yang memberikan materi dengan pengemasan yang ringan mendapatkan apresiasi positif dari para siswa SMA Muhammadiyah. Dalam pemaparannya, Ngatiman menyampaikan pentingnya memberikan suara dalam Pilgub dan Pilbup yang akan digelar pada 27 November 2024 mendatang.

“Setiap Warga Negara Indonesia punya hak untuk memilih dan dipilih. Untuk memilih, maka wajib menggunakan hak suaranya dalam sebuah pemungutan suara. Tetapi tidak semua yang mendapatkan hak pilihnya pada pemungutan suara, seperti pada Pilgub dan Pilbup 2024 yang akan digelar 27 November 2024 nanti. Hanya mereka yang sudah berusia 17 tahun ke atas atau mempunyai KTP,” jelas Ngatiman.

Ngatiman mengatakan, usia 17 tahun termasuk pemilih yang dikategorikan pemula. Untuk itu, KPU Grobogan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah tingkat SMA, SMK, dan MA untuk memberikan penjelasan terkait dengan Pilkada Serentak yang akan digelar pada 27 November 2024 mendatang.

Baca juga Truk Isuzu Tabrakan dengan 2 Sepeda Motor di Tawangharjo, Seorang Tewas

“Termasuk hari ini mendapatkan kesempatan untuk sosialisasi di SMA Muhammadiyah. Untuk adik-adik semua yang sudah 17 tahun nanti silakan datang ke TPS yang ada di tempat tinggal kalian pada 27 November untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Tengah dan Bupati-Wakil Bupati Grobogan,” ujar Ngatiman.

Silakan Cek Data

Ngatiman juga menjelaskan, pemilih pemula dapat melakukan cek data di dpt.online.kpu.go.id dan jika belum terdata, maka para siswa dapat menghubungi PPK atau PPS di desa setempat atau bahkan bisa datang langsung ke KPU Grobogan.