Ilustrasi GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) Semarang 2023. Gelaran tahun ini akan diadakan di Gedung Muladi Dome Universitas Diponegoro (Undip) Semarang  23 hingga 27 Oktober 2024. (Foto: Diaz Abidin)

 

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Ada enam daftar merek kendaraan atau mobil yang bakal tampil perdana di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) Semarang 2024. Gelaran tahun ini akan diadakan di Gedung Muladi Dome Universitas Diponegoro (Undip) Semarang  23 hingga 27 Oktober 2024.

Kota Semarang bakal jadi penutup rangkaian penyelenggaraan GIIAS The Series 2024, yang digelar di Muladi Dome Undip. Kota Lumpia dinilai punya daya tarik dalam kontribusi pasar otomotif nasional.

Kukuh Kumara, Sekretaris Umum GAIKINDO, mengatakan, dari catatannya, data sebaran kendaraan bermotor di Jawa Tengah cukup apik. Tercatat menduduki posisi kelima dalam pencapaian sebaran otomotif nasional pada periode Januari-April 2024.

“Kontribusinya hampir 6,6% dari total capaian di Indonesia, kata dia di Semarang, Selasa 1 Oktober 2024.

Dia melanjutkan, GAIKINDO berupaya untuk menyediakan wadah yang efektif guna memperkuat serta mendorong perkembangan industri otomotif di setiap daerah penyelenggaraan GIIAS.

“Seluruh rangkaian GIIAS The Series bertujuan tidak hanya menjadi platform untuk menampilkan inovasi terbaru dari merek yang berpartisipasi. Lebih dari itu juga memberikan dorongan positif bagi pertumbuhan industri otomotif di kota penyelenggaraannya,”katanya.

Kukuh bilang, Jawa Tengah memiliki potensi pasar yang dapat terus dieksplorasi dan dimaksimalkan. Dia meyakini penyelenggaraan GIIAS Semarang akan mendapat sambutan positif dari Masyarakat Jawa Tengah.

 

Daftar Pabrikan Otomotif

Penyelenggaraan GIIAS Semarang yang ketiga kalinya hingga 2024, mengusung konsep “New Location, More Brands, and Endless Innovation,”. GIIAS Semarang 2024 diselenggarakan di lokasi baru, yaitu Muladi Dome Undip Semarang, dengan total area 9.000 meter persegi yang dipakai.

Agus Riyadi, Chief Operating Officer Seven Event, menyatakan, GIIAS Semarang hadir di venue terbaru dengan area lebih besar. Harapannya dapat mengakomodir antusiasme peserta, sekaligus membawa berbagai kendaraan dengan teknologi dan inovasi terbaru.

“Juga memberikan kenyamanan lebih bagi pengunjung saat menjelajahi area pameran,” kata dia.

Dengan venue yang lebih besar, GIIAS Semarang menghadirkan total merek yang berpartisipasi lebih lengkap dengan 18 merek kendaraan bermotor. Muulai dari jenis kendaraan penumpang seperti BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, GAC Aion, Honda, KIA, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, dan Wuling. Selain itu ada kendaraan komersial yaitu Toyota Commercial.

Pada barisankendaraan roda dua, akan hadir Alva, Excotic, Pacific dan Polytron.  Selain itu, lebih dari 20 merek industri pendukung juga turut meramaikan GIIAS Semarang 2024 kali ini.

Dari merek-merek yang berpartisipasi, enam merek hadir perdana dalam penyelenggaraan GIIAS Semarang 2024 diantaranya dari kendaraan penumpang yaitu BYD, Citroen, GAC Aion dan MG sedangkan dari kendaraan roda dua yaitu Alva dan Polytron.

Agus menambahkan, kehadiran merek-merek baru pada GIIAS Semarang 2024 menambah semarak pameran dan memberikan experience bagi pengunjung.

Selain berkesempatan untuk berinteraksi langsung dengan perwakilan merek untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang produk mereka.

Pengunjung dapat menjajal langsung unit kendaraan di area test drive dan Test Ride yang sudah disediakan pada saat penyelenggaraan pameran.

Berbagai keseruan lain juga dihadirkan seperti Audio Contest bekerja sama dengan EMMA (European Mobile Media Association), serta community meet up. GIIAS Semarang 2024 juga mendapat dukungan dari Shell Helix yang hadir sebagai sponsor.

Agus menambahkan bahwasannya kehadiran GIIAS Semarang di lokasi baru, dengan area yang lebih luas, memberikan kesempatan bagi peserta untuk memboyong lebih banyak model kendaraan terbaru.

“Model-model kendaraan terbaru yang sebelumnya diperkenalkan di GIIAS BSD Tangerang pada Juli 2024,” ujarnya.

Tiket

Dalam lima hari gelaran itu, para pengunjung dapat memanfaatkan promo tiket terbatas yang tersedia secara online melalui aplikasi Auto360.

Pertama, ada flash-sale 24 hours buy 1 get 1. Di manaakan berlangsung pada 1 Oktober 2024  mulai pukul 17.00 WIB. Ini berlaku hanya dalam 24 jam dengan harga tiket spesial senilai Rp10 ribu, yang berlaku untuk tiket weekend maupun weekday.

Kedua, pre-sale yang akan berlangsung pada 9-11 Oktober 2024 dengan harga tiket spesial senilai Rp 10 ribu. Ini berlaku untuk tiket weekend maupun weekday.

Selanjutnya, regular tiket secara online melalui aplikasi yang sama yaitu Auto360 akan dapat digunakan pada 12 – 20 Oktober 2024. Harga tiket weekdays (Rabu-Jumat) Rp15 ribu, dan Rp25 ribu untuk weekend (Sabtu-Ahad).

Tiket juga tersedia secara on the spot yang dapat di beli pada area pameran dengan harga weekday (Rabu-Jumat) Rp20 Ribu-Rp30 ribu,- pada weekend (Sabtu-Ahad).

Diaz Abidin