Pj Bupati Jepara H. Edy Supriyanta bersama Forkopimda dalam acara panen raya ikan lele

JEPARA (SUARABARU.ID) – Pj. Bupati Jepara H. Edy Supriyanta  mengajak masyarakat untuk terus mengkonsumsi ikan. Hal itu disampaikan saat Panen Raya ikan lele Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Lestari di Komplek Lapangan Bangsri, Desa Bangsri, Selasa (1/10/2024).

“Kota kita kaya akan protein hewani, karena dekat laut. Biasakan makan ikan untuk menurunkan angka stunting,”ucapnya.

  1. Edy juga mengapresiasi beberapa desa yang sudah zero stunting, seperti Desa Sukosono Kedung, termasuk juga Desa Bangsri. Diharapkan, dengan Panen Lele di Desa Bangsri, akan memantik desa yang lain berupaya menggelorakan Gemarikan ke setiap Posyandu.

Petinggi Desa Bangsri, Sunaryo menjelaskan hasil panen ternak lele selanjutnya dibagikan ke setiap Posyandu. Sebanyak 20 Posyandu di Desa tersebut menerima 10 kilogram ikan lele siap konsumsi, dalam berpartisipasi menekan laju angka stunting.

“Alhamdulillah kader Posyandu kreatif mengola ikan lele menjadi olahan makanan, agar anak-anak senang dan gemar makan ikan,”jelasnya.

Selain itu, juga ada wisata edukasi mancing bagi anak-anak, dan setelah tiga kali mancing hasilnya bisa dibawa pulang. Disekitar kolam lele, terdapat apotek hidup seperti lombok, bawang, terong, serta tanaman lainnya. Tanaman itu pupuknya menggunakan air limbah lele, sehingga menjadi subur dan siap dikonsumsi.

“Di sekitar kolam lele, kita menanam apotek hidup, ada lombok, bawang, dan lainnya yang pupuknya menggunakan air limbah lele,”pungkasnya.

Hadepe