Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unissula menyelenggarakan sumpah dokter gigi ke- 40. Sumpah dipimpin oleh Dekan FKG Unissula Dr drg Yayun Siti Rochmah SpBM dengan diikuti 11 dokter gigi baru. Total 625 dokter gigi yang lulus dari FKG Unissula sejak 2008, Selasa (1/10/2024).

Wakil Rektor I Unissula Andre Sugiyono ST MM PhD menyampaikan selamat dan sukses kepada dokter gigi baru yang sudah disumpah. “Apa yang dicapai saat ini harus selalu disyukuri dan diingat bahwa itu adalah amanah yang besar, yang harus kalian laksanakan dengan penuh tanggungjawab karena tantangan ke depan akan semakin besar,” pesannya mewakili Rektor Unissula.

Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kota Semarang menyampaikan profesi dokter gigi akan dinaungi dalam organisasi PDGI. “PDGI adalah organisasi yang menampung profesi kita, yang akan menjunjung tinggi kode etik profesi kita, yang akan mengingatkan ketika terjadi pelanggaran etika. Karena apabila tidak diingatkan makan akan lose. Dan akan berdampak ke semua elemen,” ungkap drg Devi Farida Utami SpBM (K).

Selanjutnya drg Yayun berpesan dokter gigi baru untuk selalu mengingat sumpah yang sudah diucapkan. “Karena belakangan ini muncul pelanggaran-pelanggaran kode etik, yang barangkali karena lupa dengan sumpah yang telah diikrarkan. Selain menjadi dokter gigi professional juga membawa keberkahan,” ungkapnnya.

Pihaknya juga mengungkap FKG Unissula sedang mempersiapkan program internasional. “Tahun 2026 Unissula akan mencanangkan program internasional dan FKG akan mempersiapkan dan berpartisipasi dalam program tersebut. Sehingga kami akan terus buktikan FKG Unissula yang terbaik di antara banyaknya FKG-FKG baru yang bermunculan,” jelasnya.

Turut hadir Ketua Pendidikan YBWSA Prof Dr Widiyanto, Wakil Rektor III Unissula M Qomaruddin ST MSc PhD, dan Direktur RSIGM, Dr drg Kusuma Arbianti MMR.