Ketua DPP Inkindo Jateng, Thomasonan Lulfie P., ST.MT. bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Semarang, Valeanto Soekendro dalam kegiatan Forjakon. Foto: Humas

KABUPATEN SEMARANG (SUARABARU.ID) – Hari kedua kegiatan Forum Anggota (Fora) 2024 DPP Inkindo Jateng yang berlangsung di The Wujil Resort, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah pada Kamis (26/9/2024) menghadirkan Forum Jasa Konstruksi (Forjakon) Kabupaten Semarang.

Dalam kegiatan Forjakon ini diisi diskusi bersama Pemda Kabupaten Semarang terkait permasalahan-permasalahan yang terjadi di dalam sektor jasa konstruksi, termasuk organisasi Inkindo wilayah Jateng.

Ketua Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) Jawa Tengah, Thomasonan Lulfie P., ST.MT. mengatakan, kegiatan hari kedua ini dihadiri oleh masyarakat, jasa konstruksi, dan para vendor.

Terdapat 43 vendor yang bergabung dalam kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini sangat penting, yang diisi diskusi dan seminar, serta dihadiri 300 anggota.

Thomas menyebut, Inkindo wilayah Jawa Tengah sengaja turun ke daerah. Inkindo ini sudah 45 tahun mempunyai pembinaan anggota, dan juga memiliki kode etik. “Insya Allah bulan Desember mendatang kita akan turun di daerah lain,” katanya.

“Saya juga tidak mengira jika di Kabupaten Semarang ini anggota yang hadir membludak. Kita di sini mempunyai organisasi kuat. Jawa Tengah mampu menghadirkan semua. Kegiatan Forjakon dilaksanakan di Kabupaten Semarang karena DPP Inkindo Jateng ingin lebih dekat dengan para anggota yang tersebar di beberapa wilayah yang ada di Provinsi Jawa Tengah,” ungkapnya.

Thomas berharap melalui kegiatan ini ada kelanjutan dengan Pemerintah Daerah khususnya wilayah Jateng terkait dengan peraturan daya saing.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Semarang, Valeanto Soekendro mewakili Plt Wakil Bupati Kabupaten Semarang, H. Basari menyebut, Forjakon merupakan momen yang luar biasa. Ajang ini bisa untuk berbagi pengetahuan, pengalaman dan membangun sinergi untuk membangun sektor jasa konstruksi di Kabupaten Semarang, karena sektor jasa konsrtuksi memiliki peran strategis yang berdampak pada masyarakat.

“Penting bagi kita untuk meningkatkan kapasitas dalam bidang jasa Konstruksi.  Saya juga mengucapkan terima kasih pada Inkindo Jateng dan seluruh jajaran Dinas Pekerjaan Umum yang telah berperan aktif dalam kegiatan Forjakon,” ucapnya.