Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana usai menerima audiensi dari Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Selasa, 24 September 2024. Foto: Humas Pemprov

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mendorong pemerintah kabupaten/kota di wilayahnya untuk mengakselerasi luas tambah tanam (LTT) padi sebagaimana yang telah ditargetkan.

Akselerasi tersebut untuk mencapai target yang ditetapkan oleh Kementerian Pertanian. Saat ini LTT di Jawa Tengah baru sekitar 44.600 hektare dari target kesanggupan kabupaten/kota sebesar 65.140 hektare.

“Kami sudah melakukan langkah-langkah dengan bantuan pompanisasi untuk meningkatkan kesediaan air dan luas tambah tanam. Ini akan kami tingkatkan dan maksimalkan,” kata Nana Sudjana usai menerima audiensi dari Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian di kantornya, Selasa, 24 September 2024.

Upaya Pemprov Jateng untuk mencapai target itu sudah dilakukan dengan menerbitkan  dan mengirimkan surat edaran kepada seluruh kepala dinas pertanian kabupaten/kota.

Dalam surat edaran tersebut, memuat tentang pembentukan tim akselerasi produksi pangan, pengoptimalan potensi bantuan benih padi bukan Oktober-Desember, serta penugasan personel monitoring dan koordinasi dengan kabupaten/kota terkait peningkatan luas tanam.