Nana menjelaskan, dalam waktu dekat ia akan mengundang seluruh kepala dinas pertanian untuk rapat koordinasi. Ia bersama Pangdam dan Kapolda serta perwakilan Kementan akan memberikan arahan terkait akselerasi LTT.

“Ini akan kami tindaklanjuti. Insyaallah ke depan Jawa Tengah akan semakin mampu sebagai lumbung pangan atau penumpu pangan nasional,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementan RI, Yudi Sastro mengatakan, Jawa Tengah merupakan lumbung pangan nasional. Provinsi ini menjadi harapan penumpu pangan nasional bersama Jawa Timur dan Jawa Barat.

“Jawa Tengah ini nomor dua nasional. Kalau seandainya Jawa Tengah ini nanti bermasalah pasti itu menjadi gambaran nasional,” katanya.

Menurut Yudi, Jawa Tengah masih punya potensi tanam pada 130 ribu hektare pada musim kemarau. Potensi itu bisa lebih besar kalau ketersediaan air pada musim kemarau mencukupi. Sebab potensi ini menghadapi banyak tantangan pada musim kemarau.

” Ini yang kami minta bantuan Pj Gubernur untuk menyemangati teman-teman di lapangan juga. Kalau Pj Gubernur yang menyemangati pasti ampuh,” ujarnya.

Berdasarkan data Kementan, dari potensi tersebut kesanggupan kabupaten/kota di Jawa Tengah sekitar 65 ribu-70 ribu hektare. Potensi tersebut akan terus didorong dan dioptimalkan paling tidak mendekati 100 ribu hektare.

“Sebenarnya Jawa Tengah sudah selesai untuk kebutuhannya. Tapi Jawa Tengah ini lumbung pangan, sehingga harus memasok daerah lain. Jadi kita dorong supaya tetap bisa over supply dan memasok ke Jakarta dan sekitarnya,” katanya.

wied