Kasat Binmas Polres Wonogiri, AKP Setiyono (kiri), memberikan pengarahan kepada para personel yang bertugas mengamankan Kantor KPU Kabupaten Wonogiri.(Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wonogiri, Selasa malam besok (24/9/24), rencananya akan menggelar deklarasi kampanye Pilkada damai. Acara ini, dikemas dengan pengajian kebangsaan.

Ketua KPU Kabupaten Wonogiri Satya Graha, menyatakan, pengajian kebangsaan akan digelar di Alun-alun Giri Krida Bakti depan Kantor Bupati Wonogiri. ”Menghadirkan Ulama Kondang dari Yogyakarta, Gus Muwafiq,” jelas Satya Graha.

Sebagaimana diketahui, KH Muwafiq lahir di Lamongan, Jatim, Tanggal 2 Maret 1974. Dia adalah Ulama Nahdlatul Ulama (NU) yang kini tinggal di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Gus Muwafiq dikenal sebagai salah satu orator NU, yang memiliki kedalaman ilmu dan kemampuan berceramah.

Selain ulama paham ilmu agama, Gus Muwafiq, juga mendalami berbagai ilmu lain, seperti ilmu sejarah dan peradaban, yang itu disampaikan dalam bahasa yang lugas dan mudah diterima. Enak didengar dan mudah dimengerti.

Hari ini, Senin (23/9/24), KPU akan menggelar rapat pleno dengan agenda pengundian nomor urut Pasangan Calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati Wonogiri, yang maju dalam Pilkada Tanggal 27 Nopember 2024 mendatang.

Walpri

Berkaitan ini, KPU Wonogiri mengundang hadirnya dua Paslon, yakni Tarso-Kristian Teguh Suryono (Tangguh) dan Paslon Setyo Sukarno-Imron Rizkyarno (Setia). Dua Paslon ini, telah ditetapkan KPU Minggu (22/9/24), untuk maju dalam Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Wonogiri Tahun 2024.

Kepada kedua Paslon tersebut, mulai Senin (23/9/24) akan mendapatkan pengawalan pribadi (Walpri) dari personel kepolisian. Sebelumnya, puluhan personel Polres Wonogiri, Minggu (22/9/24), melakukan pengamanan di Kantor KPU Wonogiri. Yakni untuk melakukan pengamanan jalannya penetapan Paslon.

Pengamanan dipimpin Kasat Binmas AKP Setiyono. Diawali dengan gelar apel di Kantor KPU Wonogiri. Kepada personel yang bertugas mengamankan, ditekankan untuk senantiasa siap siaga di lokasi yang sesuai dengan ploting tugasnya masing-masing.

”Pengamanan dari personel kepolisian ini, merupakan bagian dari Operasi Mantap Praja (OMP) Candi 2024,” jelas Kasi Humas Polres AKP Anom Prabowo. Pihak kepolisian Wonogiri Pimpinan Kapolres AKBP Jarot Sungkowo, berkomitmen akan melakukan pengamanan secara all out di semua tahapan pelaksanaan Pilkada.(Bambang Pur)