Car Free Night dan Culture Night Carnival OMB UKSW dipadati ribuan masyarakat Salatiga. Foto: UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Ribuan warga Salatiga tumpah ruah menyaksikan karnaval yang pertama kalinya digelar di malam hari dengan tajuk “Salatiga Car Free Night dan Culture Night Carnival Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) 2024”, Sabtu (21/9/2024) malam.

Kegiatan hasil kerja sama Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) dengan Pemerintah Kota Salatiga ini sukses menghadirkan hiburan baru bagi warga Kota Salatiga dan sekitarnya. Karnaval yang melibatkan lebih dari 800 peserta ini berlangsung di sepanjang Jalan Diponegoro, mulai dari pertigaan Kauman hingga PLN Salatiga dengan melewati Titik Nol Salatiga.

Rektor UKSW Prof. Intiyas Utami menyampaikan, karnaval ini merupakan agenda tahunan yang digelar dalam rangka perkenalan mahasiswa baru atau simbol “kulonuwun” kepada masyarakat Kota Salatiga. Acara ini juga sebagai ungkapan syukur UKSW atas penerimaan 3.200 mahasiswa yang datang dari Sabang sampai Merauke, di mana 50% berasal dari pulau Jawa dan 50% lainnya dari luar Jawa. Tidak hanya itu, UKSW juga menerima 4.900 mahasiswa peserta Program Profesi Guru (PPG) yang dimulai sejak Agustus 2024, baik yang mengikuti secara langsung maupun online.

“UKSW berharap melalui acara ini mahasiswa baru bisa lebih dekat dengan masyarakat,” ungkapnya.

Disampaikan, dengan diselenggarakannya kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan dampak bagi perekonomian masyarakat Kota Salatiga. “Kami juga berkolaborasi dengan UMKM di Kota Salatiga sehingga kegiatan ini tidak hanya dinikmati civitas academica UKSW tetapi juga oleh masyarakat,” imbuhnya saat berkunjung ke stan UMKM yang ada di area car free night.

Kulonuwun mahasiswa baru kepada warga Kota Salatiga ini diapresiasi positif oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Salatiga Dance Ishak Palit, M.Si. “Atas nama masyarakat Kota Salatiga saya menyambut baik kedatangan seluruh mahasiswa UKSW dari seluruh Indonesia,” katanya.

Penjabat Wali Kota Salatiga Yasip Khasani, M.M., juga berkesempatan menghadiri karnaval dan menyapa langsung civitas academica UKSW dan warga Salatiga. Yasip Khasani, M.M., menyampaikan apresiasi positifnya atas terselenggaranya kegiatan yang meriah ini.

Membersamai kehadiran Rektor Intiyas dalam kesempatan ini adalah para Wakil Rektor UKSW, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga Sri Sarwanti, S.H., M.Si., Ketua OMB UKSW 2024 Dhian Adhitya, S.E., M.E., serta sejumlah tamu undangan lainnya.