Suryo Nugroho melaju ke final, usai menghentikan langkah wakil Singapura, Tay Wei Ming, dengan skor 21-16, 21-18. Foto: dok/hidroplus

SOLO (SUARABARU.ID)– Peluang tuan rumah untuk mempertahankan gelar Juara Umum Hydroplus Indonesia Para Badminton Internasional 2024, kini terbuka lebar. Hal ini terlihat dari banyaknya atlet Indonesia yang melaju ke babak final.

Bahkan, dalam turnamen yang didukung Bakti Olahraga Djarum Foundation itu, akan terjadi All Indonesian Finals, atau final sesama wakil Indonesia di empat kategori yang dipertandingkan.

Salah satu partai itu terjadi di nomor Tunggal Putri SH 6. Irianti Yunia Widya memastikan lolos ke partai puncak, usai menang mudah melawan wakil Jerman, Julia Schramm dengan skor 21-4, 21-2 dalam babak semifinal, yang diselenggarakan di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sabtu (21/9/2024).

BACA JUGA: 71 Medali Emas Milik Jateng di PON XXI/2024, Tertinggi dalam 20 Tahun Terakhir

Pada partai pamungkas, dia berhadapan dengan Rina Marlina yang juga menuai kemenangan di semifinal, setelah menumbangkan rekan senegaranya, Apriliyana Sulistyawati, dalam pertarungan dua set 21-6, 21-4.

Menjejakkan kaki di babak final Tunggal Putri SH 6 dalam turnamen ini, merupakan pencapaian perdana bagi Irianti. Sebelumnya pada 2023, perjuangan atlet berusia 23 tahun itu terhenti di babak empat besar, dan mendapatkan medali perunggu.

Indonesia juga memiliki peluang besar untuk mendulang medali emas di nomor Tunggal Putra SU 5. Harapan itu datang dari Suryo Nugroho, yang berhasil melenggang ke final, setelah
menghentikan perlawanan wakil Singapura, Tay Wei Ming, dengan skor 21-16, 21-18.

BACA JUGA: Nana Sudjana Sambut Kedatangan Atlet Jateng yang Pulang Bawa 260 Medali

Suryo sendiri menjadi salah satu pemain yang diharapkan mampu menyumbang medali emas, karena statusnya sebagai peraih medali perak Paralimpiade Paris 2024. Di partai final, Suryo Nugroho akan berhadapan dengan Ruthick Ragupathi, yang pada semifinal sukses mengalahkan Ibrahim Aliyev asal Azerbaijan, 21-17, 21-11.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Rima Ferdianto yang juga Ketua Panitia Pelaksana Hydroplus Indonesia Para Badminton
International 2024, menuturkan, atlet-atlet Indonesia berhasil menunjukan performa gemilang, sejak babak awal hingga semifinal. Dengan demikian, harapan untuk meraih gelar juara umum ketiga kalinya secara berturut-turut, terbuka lebar.

”Saya optimistis, Indonesia mampu mempertahankan status sebagai juara umum di event ini. Sejumlah atlet andalan yang kita turunkan, juga sanggup memenuhi harapan melangkah hingga final. Kami berharap, Indonesia dapat melanjutkan kejayaan di rumah sendiri, dan semakin diperhitungkan di pentas internasional,” tutur Rima.

Seperti diketahui, turnamen dengan total hadiah atau prize money sebesar 10 Ribu Dolar AS ini, mempertandingkan 20 nomor pertandingan, baik tunggal maupun ganda di sektor WH 1, WH 2, SL 3, SL 4, SU 5, hingga SS 6.

Riyan