Usai membahas kerawanan Pilkada dan antisipasinya, Ketua KPU Wonogiri Satya Graha (tengah) foto bersama dengan Kapolres AKBP Jarot Sungkowo dan Kasi Propam AKP Sumarwan (kedua dan kesatu dari kiri) serta Wakapolres Kompol Heru Sanusi (kedua dari kanan).(Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Untuk meningkatkan jalinan sinergitas, Kapolres Wonogiri AKBP Jarot Sungkowo bersama para Pejabat Utama (PJU) Polres Wonogiri, melakukan kunjungan ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan ke Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Wonogiri.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, mengabarkan, Wakapolres Kompol Heru Sanusi ikut mendampingi Kapolres dalam kunjungan tersebut. Bersama institusi penyelenggara dan lembaga pengawas Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tersebut, dibahas tentang prediksi kerawanan dan antisipasinya.

Harapannya, pelaksanaan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Wonogiri Bersama Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jateng Tanggal 27 Nopember 2024 mendatang, dapat berjalan aman, damai, tertib dan lancar. Yakni dapat terlaksana dengan baik, dan terjauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kapolres, mengatakan, kunjungan ke Kantor Bawaslu dan Kantor KPU, guna memastikan kesiapan personel dalam melakukan pengamanan. Polres Wonogiri, akan memonitor dan melaksanakan pengamanan, guna mengantisipasi hal-hal yang dapat berdampak pada stabilitas Kamtibmas.

Komitmen

”Kami menekankan kepada petugas, untuk memperketat pelaksanaan pengamanan dan pengawasan di Kantor Bawaslu dan Kantor KPU, selama tahapan pelaksanaan Pilkada 2024 berlangsung,” tandas Kapolres AKBP Jarot Sungkowo.

Selain itu, tujuan kunjungan Kapolres bersama para PJU Polres Wonogiri tersebut, juga untuk memastikan koordinasi dan sinergitas bersama instansi terkait. Tujuannya, untuk menjamin keberhasilan pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2024. “Koordinasi antarlembaga sangat penting, guna mewujudkan keberhasilan Pilkada serentak 2024,” ujarnya.

Kapolres menegaskan, Polres Wonogiri berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh, dalam menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif. Utamanya selama pelaksanaan tahapan Pilkada serentak 2024. Yakni sejak dari waktu menjelang pelaksanaan, saat pemilihan, maupun pasca pencoblosan.

Kami Polres Wonogiri, tandas Kapolres, akan terus bersinergi dengan pihak-pihak yang berhubungan langsung dengan pelaksanaan Pilkada serentak. Ini untuk mewujudkan situasi yang kondusif, aman, dan nyaman. Dengan sinergi yang kuat antara Kepolisian, KPU dan Bawaslu, diharapkan seluruh pelaksanaan tahapan Pilkada serentak 2024 di Kabupaten Wonogiri, dapat berjalan aman, tertib dan lancar.(Bambang Pur)