Kepala Bapas Semarang Sarwito menyerahkan penghargaan kepada pegawai teladan. Foto: Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kepala Balai Pemasyarakatan (Bapas) Semarang Sarwito menyampaikan 5 pesan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) saat upacara bendera Hari Kesadaran Nasional, Selasa (17/9/2024).

Sarwito menyampaikan pesan Menkumham kepada seluruh jajaran. Pertama, berikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Gaji dan tunjangan yang kita terima sebagian besar berasal dari pajak yang dibayarkan masyarakat. Sehingga sudah kewajiban kita untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Kedua, bekerjalah sebaik-baiknya, sesuai SOP, dan tanggungjawab. “Sebagai insan Pengayoman kita harus mampu mengimplementasikan tata nilai PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif), serta core values ASN BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Lolal, Adaptif dan Kolaboratif). Pesan ini juga sejalan dengan perintah Plt Direktur Jenderal Pemasyarakatan Reynhard Silitonga back to basic. Setiap tugas dan fungsi kita harus sesuai dengan aturan dan SOP yang berlaku,” terang Sarwito

Ketiga, jadikan pekerjaan sebagai ibadah. Syukuri apa yang Tuhan berikan kepada kita sampai saat ini berupa profesi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Diluar sana masih banyak orang yang masih berjuang untuk mencari pekerjaan.

“Keempat, berikan kontribusi terbaik untuk organisasi. Hal ini sejalan dengan pesan Kepala Divisi Pemasyarakatan “jadilah problem solver, jangan jadi trouble maker. Siapapun kita, menjadi apapun kita, wajib memberikan yang terbaik buat organisasi” tegas Sarwito.

Kelima, Kolaborasi, Sinergi dan Integritas. Kolaborasi adalah kunci bagi kita untuk saling melengkapi dan menguatkan. Hanya dengan kerjasama kita dapat menghasilkan karya yang optimal. Selanjutnya, dibutuhkan sinergi dalam menghadapi tantangan dan masalah dengan efektif dan efisien. Sinergi merupakan kunci keberhasilan yang dapat menyatukan kekuatan dan setiap potensi yang dimiliki.

Pada kesempatan ini juga diserahkan penghargaan pegawai teladan periode Agustus 2024 kepada Abdul Rasyid. Selain itu, Kepala Bapas Semarang juga memakaikan rompi koreksi kepada pegawai yang pada bulan Agustus 2024 sering datang terlambat.

Ning S