Ketua KPU Kebumen Dzakiatul Banat bersama dua pasangan calon bupati Arif-Rista dan Lilis-Zaini di RSUD Dr Margono Soekarjo Purwokerto, Sabtu 31/8.(Foto:SB/Humas KPU Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – KPU Kabupaten Kebumen telah memfasilitasi pemeriksaan kesehatan bagi dua bakal pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kebumen dalam Pilkada 2024 Sabtu-Minggu (31/8-1/9).

Sebelum pemeriksaan kesehatan di RSUD Prof Dr Margono Soekarjo, Purwokerto,  pada Sabtu (31/8), sekitar pukul 09.0, KPU Kebumen menggelar konferensi pers yang diikuti sejumalh wartawan media cetak, elektronik dan media on line.

Dua bakal pasangan calon, H Arif Sugiyanto SH MH dan Hj Ristawati Purwaningsih ST MM, serta pasangan Hj Lilis Nuryani dan H Zaeni Miftah juga hadir disertai segenap Komisioner KPU Kebumen.

Baik Arif-Rista dan Lilis-Zaeini, sama-sama mengaku telah bersiap mengikuti rangkaian pemeriksaan kesehatan. Di antaranya menjalani puasa sebelum pemeriksaan sesuai arahan dari rumah sakit. Mereka juga memuji pelayanan yang diberikan selama proses pemeriksaan kesehatan.

Dua pasang calon bupati Kebumen Arif-Rista dan Lilis-Zaini sebelum menjalani pemeriksaan kesehatan di RSU Dr Margono Soekarjo, Sabtu 31/8.(Foto:Humas KPU Kbm)

Dalam konferensi pers tersebut, kedua paslon juga menyampaikan visi dan misi mereka apabila terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kebumen.

Usai acara, kedua pasangan akan menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan yang mencakup pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani, serta tes bebas penggunaan narkotika.

Ketua KPU Kabupaten Kebumen Dzakiatul Banat menjelaskan bahwa hasil dari pemeriksaan kesehatan ini akan menentukan apakah para calon mampu atau tidak mampu menjalankan tugas sebagai Bupati dan Wakil Bupati untuk lima tahun ke depan.

Hasil tersebut selanjutnya akan diserahkan oleh pihak rumah sakit kepada KPU Kebumen setelah melalui rapat pleno dari tim penilai kesehatan.

Banat juga menyampaikan bahwa pada Minggu (1/9) akan kembali  menyampaikan konferensi pers setelah rangkaian pemeriksaan kesehatan selesai dilakukan. Konferensi pers tersebut diharapkan dapat memberikan informasi terbaru terkait kelancaran proses pemeriksaan dan hasil sementara dari kesehatan kedua pasangan calon.

“Kami berharap,  dari tahapan pemeriksaan kesehatan ini  pemilihan kepala daerah di Kabupaten Kebumen dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan pemimpin yang sehat dan mampu menjalankan amanah masyarakat,”tandas Banat didampingi anggota KPU Muhammad Sobir dan Heri Purnama.

Komper Wardopo