Silaturahmi haji Blora 2024, di pendopo Rumah Dinas Bupati. Jumat, 30 Agustus  2024. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) — Sebanyak 645 jamaah haji Blora 2024 bergabung dalam Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Blora, sekaligus melakukan silaturahmi haji Blora tahun 2024, di pendopo Rumah Dinas Bupati. Jumat,  (30/8/2024).

Plt Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Blora, H. Mustaqim mengapresiasi atas dukungan Pemerintah Kabupaten Blora dalam pelaksanaan ibadah haji tahun 2024. Termasuk atas dukungannya terhadap silaturahim para jamaah haji saat ini.

”Kami dari Kemenag Blora mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati atas terselenggaranya acara silaturahmi haji ini,” ucap H. Mustaqim.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Blora menyampaikan rincian jamaah jamaah Haji Kabupaten Blora 2024 yang jumlahnya 645 orang. Yakni, terdiri dari 638 orang jemaah Haji Reguler (1 calon Jemaah mundur menjelang berangkat, 1 jemaah gagal berangkat (sakit/operasi), dan 1 orang meninggal dunia).

“Selain para jamaah haji reguler itu, ditambah 5 orang TPHD dan 2 Orang pembimbing KBIH. Sebanyak 645 orang jamaah itu, terbagi dalam 5 kloter. Masing-masing  antara kloter 8 SOC, 11 SOC, 84 SOC, 85 SOC, dan 86 SOC. Disampaikan pula, terkait persiapan haji tahun 2025,” kata Plt Kepala Kantor Kemenag Blora.

Pada kesempatan itu, Bupati Blora, H. Arief Rohman menyambut baik dengan bergabungnya 645 jamaah haji Blora 2024 dalam Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Blora.

Ditandaskan, selain untuk silaturahmi alumni jamaah haji, IPHI juga menjadi wadah bagi mereka untuk ikut berkontribusi memberikan manfaat kepada masyarakat.

Jaga Kemabruran Haji

“Saya berharap peran dari wadah IPHI bisa bermanfaat untuk masyarakat. Bagaimana keberadaan IPHI mampu untuk berperan di berbagai sektor-sektor yang lain, seperti kesehatan, pendidikan, dan sebagainya,” jelas Bupati Blora.

Menurut Bupati Blora, saat ini program dan kegiatan IPHI di tingkat kecamatan-kecamatan sudah berjalan. Kedepan pihaknya minta untuk terus mengoptimalkan berbagai program kerja IPHI guna memberikan kontribusi dan kiprah positif bagi masyarakat dan lingkungan.

“Salah satu peran penting IPHI adalah memotivasi para jamaah pasca haji, utamanya dalam memelihara dan menjaga nilai-nilai kemabruran haji. Nilai-nilai kemabruran haji berperan penting dalam meningkatkan kualitas iman, ilmu, dan amal soleh, baik secara individual maupun secara sosial,” ujar  Bupati Blora.

Bupati Blora juga berpesan agar kualitas pelayanan haji di Kabupaten Blora bisa terus meningkat dari tahun ke tahun.

“Kita berharap tahun depan terus bersinergi, InshaAllah kita akan terus tingkatkan pelayanan haji di Kabupaten Blora,” tandas Bupati Blora.

Kudnadi Saputro