Uji coba instrumen UKBI Adaptif Merdeka di Semarang hari kedua (30/8/2024). Foto: Ning S

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa melalui Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah (BBPJT) kembali melakukan Uji Coba Instrumen Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka.

Kegiatan dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 29-30 Agustus 2024 yang berlangsung di Hotel Ibis Simpanglima, Jalan Gajahmada 172, Kota Semarang. Dalam kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr. Syarifuddin, M.Hum.

Menurut Syarifuddin, uji coba instrumen UKBI Adaptif ini dilaksanakan secara nasional di 30 balai dan kantor bahasa di Indonesia pada 19-30 Agustus 2024.

“Uji coba instrumen ini bertujuan untuk validasi empiris terhadap soal-soal UKBI yang telah disusun dan dibakukan dalam sidang pembakuan,” ungkap Syarifuddin, Jumat (30/8/2024).

Disampaikan bahwa Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa melakukan langkah-langkah efektif dan efisien untuk memutakhirkan UKBI sebagai alat ukur kemahiran berbahasa yang sesuai dengan tuntutan zaman.

UKBI yang sudah dilaksanakan berbasis kertas, luring, dan daring, saat ini dikembangkan menjadi UKBI Adaptif. Sejak peluncurannya pada 29 Januari 2021 hingga Juni 2024, UKBI Adaptif telah diujikan kepada 808.664 peserta uji. Jumlah tersebut terus bertambah seiring penyebarluasan informasi dan pelaksanaan UKBI Adaptif di berbagai Provinsi.