Untung Wibowo Sukawati dan Suwardi, didampingi istri masing-masing mendaftar sebagai pasangan Balon Bupati dan Wakil Bupati Sragen ke KPU, Kamis (29/08/2024). Foto: Anind

SRAGEN (SUARABARU.ID)– Pasangan Untung Wibowo Sukawati – Suwardi mendaftar sebagai pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Sragen 2024-2029 ke KPU, Kamis (29/08/2024).

Saat mendaftar, pasangan itu selain didampingi keluarga, juga dihantar sekitar 2.000 pendukung. Lebih istimewa lagi, ternyata mantan Bupati Sragen H.Untung Wiyono beserta istri Hj.Suparmi dan keluarga besar, ikut mendampingi. Sebelum berangkat, Bowo sapaan Untung Wibowo Sukawati sungkem kepada orangtuanya. “Kami menuju KPU naik Andong, kendaraan transportasi tradisional yang harus dilestarikan,” tutur Bowo kepada awak media, Kamis (29/08/2024).

Kepada para pendukungnya, Bowo berpesan jika ada isu miring, difitnah atau dikabarkan lewat kabar hoaks, tidak perlu bereaksi. Harus bersikap rasional dan tidak terpancing isu provokasi.

Terkait arak-arakan massa pengantar yang mencapai 2000 orang lebih dan pementasan reog serta musik, itu menunjukkan pemberdayaan anak muda dan pelaku seni. “Pelaku kesenian dan kebudayaan maupun pemberdayaan masyarakat, semua dilibatkan,” tuturnya.

Rombongan berangkat dari Kantor DPC PDIP Sragen  menuju Alun-alun Sragen. Lalu dilanjutkan ke Kantor KPU Sragen Pukul 14.35 Setelah menyelesaikan proses pendaftaran di KPU, Bowo menyampaikan dia dan Suwardi sudah menyelesaikan berkas dengan lengkap.

”Setelah ini tentu kami akan tetap komitmen untuk ikut aturan dan ikut sesuai perundang-undangan,” ujarnya.

Bowo menjelaskan untuk program yang akan dijalankan jika terpilih sebagai Bupati Sragen  diantaranya seperti  infrastruktur yang berkualitas dan merata, menurunkan angka kemiskinan, dan pemberdayaan masyarakat. Juga mengatasi stunting.

”Kalau Pak Suwardi ini ahlinya pendidikan, tapi pada intinya kami ingin pembangunan di Kabupaten Sragen ini yang notabene sudah baik akan kami lanjutkan untuk menjadi lebih baik lagi,” ujarnya.

Pasangan yang diusung 4 Parpol yakni PDIP, Demokrat, Gerindra dan Nasdem ini tidak gentar. Ada 14 parpol yang mendaftarkan pasangan kompetitornya.

”Dalam 3 bulan ini kami akan mengatur strategi,  untuk memaksimalkan suara pasangan Bowo-Suwardi,” ujarnya.

Soal dipilihnya Suwardi sebagai pasangan untuk Wakil Bupati, Bowo menjelaskan pengalaman Suwardi sangat banyak. Terutama di bidang pendidikan dan birokrasi.

”Saya memilih Pak Suwardi karena pertimbangan yang cukup matang,” tuturnya.

Bowo juga berterima kasih pada warga Sragen atas meriahnya sambutan saat pendaftaran, serta meminta maaf jika iring-iringan mengganggu pengguna jalan yang lain.

Anind