Kadek Arel (4), mendapat pelukan hangat dari rekan-rekan setimnya, usai menjebol gawang Argentina. Foto: dok/pssi

SEMARANG (SUARABARU,ID)– Tim U20 Indonesia sukses mengalahkan Argentina dengan skor 2-1, pada laga pertama Seoul Earth on Us Cup 2024, yang digelar di Stadion Mokdong, Korea Selatan, Rabu (28/8/2024).

Indonesia tertinggal terlebih dahulu oleh gol Mirko Juarez Zemelich di menit 17, sebelum berbalik unggul 2-1. Dua gol kemenangan Indonesia dicetak Kadek Arel menit 75 dan Maouri Ananda Yves (77) melalui sepakan penalti.

”Alhamdulillah, hasil positif di laga perdana turnamen ini, apalagi lawan Argentina. Kemenangan ini harus disikapi secara wajar. Jangan jumawa, jangan sombong. Tetap pakai ilmu padi. Semakin berisi, semakin merunduk,” kata Indra Sjafri, Pelatih Timnas U20 Indonesia, usai pertandingan.

BACA JUGA: Bank Jateng Bersama Pemkab Temanggung Luncurkan KKPD Qris

Menurut dia, yang penting respon setelah kemenangan itu, harus menjadi motivasi untuk bekerja lebih baik lagi. ”Target kita untuk mencapai cita-cita lolos Kualifikasi Piala Asia U20, dan lolos ke Piala Dunia U20,” tambahnya.

Indra juga menyatakan, keberhasilan Garuda Nusantara ini juga tak lepas dari pendampingan pihak-pihak profesional, untuk mendongkrak mental para pemainnya. Mereka dibina tidak hanya teknis saja, namun juga ada berbagai aspek lain.

”Kami punya psikolog, pelatih yang bagus, ofisial-ofisial yang mendukung, mulai dari dokter dan sebagainya. Selain itu, tim ini sudah delapan bulan terbentuk. Dari waktu itu, secara perlahan kami tahu kelebihan dan kekurangan pemain, dalam hal teknis maupun lainnya, demi mencapai top performance,” jelas Indra Sjafri.

BACA JUGA: Kafilah MTQ Asal Jateng Cek Kesehatan dan Kelengkapan Dokumen

Pada Kamis (29/8/2024) ini, Garuda Nusantara menjalani recovery. Selanjutnya, pada Jumat (30/8/2024) besok, Indonesia akan melakoni laga kedua melawan Thailand.

Skuad Garuda Nusantara sendiri dipersiapkan untuk menghadapi Kualifikasi Piala Asia U20 2025, yang akan berlangsung pada 25-29 September 2024, di Jakarta. Kadek Arel dan kawan-kawan tergabung di Grup F bersama dengan Yaman, Timor Leste, dan Maladewa.

Riyan