Imam Buchori (Kabid PenaisZawa). Foto: dok/kemenag

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Jawa Tengah, Tegoch Hadi Noegroho berkomitmen, pihaknya akan melayani kafilah Jateng yang akan berlaga di ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ XXX/2024), di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, 6-16 September mendatang.

Pelaksanaan MTQ kali ini mengusung tema, ‘Mewujudkan Masyarakat Cinta Alquran untuk Bangsa yang Bermartabat di Bumi Nasional’. Terkait hal itu, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jateng bersama Pemprov, melakukan rapat koordinasi guna mempersiapan tim yang akan berangkat nanti.

Kafilah Jateng sendiri akan memberangkatkan sejumlah 55 peserta, 47 orang pimpinan, peninjau dan pendamping, serta 14 orang pembina. ”Semaksimal mungkin kami akan berikan pelayanan terbaik kepada kafilah Jateng. Semoga kita bisa menjadi yang terbaik di tingkat Nasional nanti,” harap Tegoch.

BACA JUGA: Prestasi Supriyono Bikin Kakanwil Musta’in Ahmad Bangga

Dalam rapat yang dilaksanakan di Auditorium Majeng, Kanwil Kemenag Jateng, Rabu (28/8/2024), Kabid PenaisZawa, Imam Buchori menyampaikan, para kafilah akan difasilitasi penginapan di Swiss-Belhotel Borneo, Samarinda.

Disampaikan juga, pada 2-5 September 2024, para peserta akan dikarantina, guna memastikan kesiapan kesehatan dan keberangkatannya, serta memastikan persyaratan dokumen peserta. Kafilah akan diberangkatkan dari Bandara Ahmad Yani pukul 07.40 WIB, dan tiba di Balikpapan 10.25 WITA.

Cabang lomba yang akan diikuti kafilah Jateng adalah, Tilawah Dewasa dan Qira’at Sabah Mujawwad, Tilawah Alquran Anak-anak dan Remaja, Qira’at Murottal Remaja dan Dewasa, Hifzil Alquran Tilawah 1 dan 5 Juz, Hifzil Quran 10 dan 20 Juz, Hifzil Quran 10 dan 20 Juz, Hifzil Quran 30 Juz dan Tafsir Alquran Gol.

BACA JUGA: Kakanwil Tejo Harwanto Serahkan 5 Sertifikat Paten kepada Kementerian Lingkungan Hidup

Lalu ada juga Bahasa Arab, Fahmil Quran, Tartil dan Tilawah Cacat Netra (Canet), Syahril Alquran, Tafsir Bahasa Inggris dan Indonesia, Khat Alquran Gol. Naskah dan Hiasan Mushaf, Khat Alquran Gol, Dekorasi dan Lukis Kontemporer, Karya Tulis Ilmiah Alquran, dan Final Presentasi MKTIQ.

Selain itu, Imam Buchori juga meminta kepada seluruh pihak yang terlibat, agar dapat bekerja sama untuk menyukseskan MTQ Tingkat Nasional ini. ”Saya meminta dukungan semua pihak yang terlibat, untuk terus membantu secara bersama-sama,” pintanya.

Riyan