Siswa kelas 1 SD Islam Al Umar mengikuti BIAS bulan Agustus 2024. Foto : Kusni

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Menindaklanjuti surat pemberitahuan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang Nomor : 445/3889/05/2024 tentang pelaksanaan kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) MR dan HPV yang dilaksanakan pada bulan Agustus dan November 2024, SD Islam Al Umar  berkontribusi dalam kegiatan yang berlangsung Selasa 27 Agustus 2024.

Melalui penanggung jawab UKS Budi Asmara, S.Pd telah menyiapkan data dan siswa untuk segera ditindaklanjuti dari tim puskesmas.

Sasaran BIAS kali ini merupakan seluruh siswa kelas 1, siswa putri kelas 5 dan 6. Masing-masing guru kelas telah mengkondisikan anak-anaknya dalam kegiatan ini diantaranya : Sutri Narjati, S.Pd SD (Guru Kelas 1A), Kusni, A.Ma.Pd (Guru Kelas 1B), Dewi Rahmadiyanti (Guru Kelas 1C), Devi Andriyani, S.Pd (Guru Kelas 1D), Fibriyana Ayukmartina, S.Pd (Guru Kelas 5A), Novi Astutik, S.Pd (Guru Kelas 5B), Slamet Dedy Kuniawan, S.Pd (Guru Kelas 5C), Aulia Rizky Rahmawati, S.Pd (Guru Kelas 5D), Ahmad Khoirul Mufid (Guru Kelas 6A), Ajeng Dwi Pamungkas, S.Pd (Guru Kelas 6B), Siti Nurul Hidayah, S.Pd (Guru Kelas 6C).

Tenaga kesehatan Puskesmas Srumbung melakukan imunisasi terhadap siswa SD Islam Al Umar Ngargosoka. Foto : Kusni.

Sedangkan tim tenaga kesehatan dari Puskesmas Srumbung yang bertugas dalam melakukan imunisasi kali ini antara lain ; Sari, Ernawati, Sovi, Anif, Sunarni, Wartini, Farida, dan Palupi. Setelah berdiskusi dengan kepala sekolah, tenaga kesehatan meminta agar tim dibagi menjadi empat titik yang terdiri dari ; titik 1 kelas 1A dan 1B, titik 2 kelas 1C dan 1D, titik 3 kelas 5 putri, dan titik 4 kelas 6 putri.

Alhamdulillah BIAS kali ini berjalan baik, lancar, dan tiada kendala berarti dengan hasil bahwa untuk sasaran kelas1 sejumlah 66 anak terdapat 60 anak yang sudah terimunisasi dan 6 anak belum terimunisasi karena terindikasi tidak masuk dan ada yang beberapa anak sedang sakit. Untuk sasaran kelas 5 sejumlah 33 terimunisasi 31 dan belum terimunisasi sejumlah 2 anak. Untuk sasaran kelas 6 sejumlah 36 yang terimunisasi ada 35 anak dan yang belum terimunisasi hanya 1 anak.

Pihak tenaga kesehatan Puskesmas Srumbung menghimbau agar bagi anak-anak yang belum terimunisasi agar dapat diantar ke puskesmas di hari Sabtu untuk kelas 1 dan setiap pagi sebelum jam 8 pagi untuk kelas 5 dan 6 hingga bulan Agustus usai nanti.

Sebagai catatan dari puskesmas bahwa sekolah diminta untuk menyiapkan data yang lengkap agar dapat memudahkan pihak puskesmas memasukkan data tersebut ke dalam aplikasi dan dimohon kepada anak-anak yang besok berimunisasi di puskesmas supaya membawa foto copy KK satu lembar saja. “Sekolah mengucapkan banyak terima kasih atas terselenggaranya BIAS kali ini dan siap menyambut BIAS pada bulan November mendatang.”pungkas Ariyanto.

Hadepe – Arkansa