Kepala Disdikpora Kabupaten Jepara Ali Hidayat saat membuka seleksi Mapsi tingkat kabupaten, 28 Agustus 2024. Foto: Disdikpora

JEPARA(SUARABARU.ID) – Kabupaten Jepara memilih wakil yang akan maju ke lomba Mata Pelajaran Agama Islam dan Seni Islami (Mapsi) jenjang SD, tingkat Provinsi Jawa Tengah. Seleksi di tingkat kabupaten, berlangsung Rabu (28/8/2024) pagi hingga sore ini di SMPN 3 Jepara dan SDN Demaan, Jepara.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara Ali Hidayat mengatakan, peserta Mapsi jenjang SD tingkat kabupaten, merupakan hasil seleksi sebelumnya. “Yaitu para juara masing-masing cabang lomba di tingkat kecamatan,” kata Ali Hidayat.

Di tingkat kabupaten, total terdapat 433 siswa yang mengikuti seleksi. Ada 13 cabang lomba yang dipertandingkan. Cabang lomba itu adalah pengetahuan PAI dan BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an), praktik wudu dan salat, seni tilawatil Qur’an, hifdzil Qur’an, seni khat Al Qur’an, dan seni kaligrafi.

Selanjutnya kitabah, macapat islami, keterampilan komputer islami, dan cerita islami. Seluruh cabang lomba tersebut mempertandingkan kategori putra dan putri. Ada pula cabang lomba keterampilan azan dan ikamah (putra), duet lagu religi, dan seni musik rebana (11 siswa putra putri).

Siapa yang lolos ke tingkat provinsi, ditentukan dari hasil seleksi ini.

Dalam pembukaan seleksi tersebut, Ali Hidayat juga menyampaikan pesan Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta dalam sambutan tertulis yang dia bacakan. Menurutnya, lomba Mapsi tidak semata-mata untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

“Tetapi lebih dari itu, untuk membentuk generasi yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, memiliki kompetensi global, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila,” katanya.

Para peserta dia minta menikmati lomba tersebut dan tidak terbebani agar dapat melakukan yang terbaik. Menurutnya, lolos ke Mapsi tingkat kabupaten adalah bukti bahwa mereka siswa prestasi.

“Jadikan ajang ini sebagai kesempatan untuk belajar, berkompetisi secara sehat, dan menjalin ukhuwah,” tambah Ali Hidayat.

Dia menyampaikan apresiasi kepada para guru dan pembimbing, yang penuh dedikasi menyiapkan siswa-siswi berprestasi hingga lolos ke tingkat kabupaten. Dia percaya, para pembimbing ini banyak berkorban hingga mampu mengantar siswa-siswinya ke tingkat kabupaten.

“Kepada para dewan juri, laksanakan tugas dengan fair. Lakukan penilaian seadil-adilnya, agar yang maju ke Mapsi tingkat provinsi, benar-benar siswa terbaik dari Jepara. Dan kepada panitia, terima kasih telah bekerja keras mempersiapkan acara ini. Semoga berjalan lancar, sukses, dan memberi manfaat untuk kemajuan dan perkembangan pendidikan di Jepara,” tandasnya.

 

Hadepe