Kepala Bapas Semarang, Sarwito saat membuka bimbingan kepribadian bagi klien (27/8/2024). Foto: Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Balai Pemasyarakatan (Bapas) Semarang kembali melaksanakan bimbingan kepribadian bagi klien Pemasyarakatan, Selasa (27/8/2024).

Sebanyak 20 klien Pemasyarakatan dari wilayah kerja Bapas Semarang mengikuti bimbingan kepribadian yang digelar di Aula Kantor Bapas Semarang.

Menggandeng Pondok Qur’an dan Rumah Singgah An-Nasr, kegiatan kali ini mengusung tema “Manajemen Hati untuk Mencari Jalan Pulang ini”. Dengan tema tersebut diharapkan dapat memberikan pencerahan bagi para klien, agar mereka bisa memperbaiki diri, dapat hidup secara wajar sebagai warga yang baik dan bertanggungjawab, sehingga bisa diterima kembali oleh lingkungan masyarakat.

“Bimbingan kepribadian ini dilaksanakan melalui metode ceramah interaktif yang disampaikan oleh Hj Siti Juriah Purwanti atau yang akrab disapa Bunda Jujuk. Jujuk merupakan pimpinan Pondok Qur’an dan Rumah Singgah An-Nasr.

“Setelah mengikuti bimbingan kepribadian, diharapkan klien Pemasyarakatan dapat mencapai kesejahteraan emosional dan mental yang lebih baik, serta meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan,” terang Kasi Bimbingan Klien Dewasa, Aditya Sarjana Putra.

Pada kesempatan tersebut Kepala Bapas Semarang, Sarwito berharap seluruh klien dapat mengikuti kegiatan dengan baik. “Setiap orang pasti memiliki permasalahan. Dengan bimbingan seperti ini diharapkan klien memperoleh kiat-kiat bagaimana agar dapat menjalani kehidupan dengan baik. Sebagai manusia yang beriman, kita percaya bahwa salah satu kunci kebahagiaan adalah apabila kita selalu bertaqwa,” terang Sarwito

Dalam ceramahnya, Bunda Jujuk mengajak seluruh peserta untuk selalu berfikir positif. “Mari kita tunjukkan bahwa kita bukanlah sampah masyarakat. Kita dapat berubah menjadi manusia yang lebih baik,” kata Jujuk.

“Kita harus yakin dan percaya, bahwa seluruh urusan kita pasti ada jalan keluarnya. Allah SWT Maha luas ampunannya serta Maha segalanya. Mari terus berikhtiar dan menyerahkan segala sesuatunya kepada Sang Pencipta,” tambahnya.

Jujuk mengatakan, bagi klien yang ingin memperdalam tentang manajemen hati agar datang ke Pondok Qur’an dan Rumah Singgah An-Nasr. “Bagi yang berminat silahkan datang dan gratis,” ucapnya.

Ning S