Pelantikan 45 orang Anggota DPRD Kabupaten Pacitan masa bakti 2024-2029, ditandai dengan pengucapan sumpah dan janji.(Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Anggota DPRD dari Partai Demokrat, berpeluang menduduki kursi Ketua DPRD Kabupaten Pacitan, Jatim, untuk periode 2024-2029. Karena Demokrat, menjadi Partai Politik (Parpol) pemenang pertama dengan perolehan 18 (40 persen) dari 45 kursi yang ada.

Posisi Wakil Ketua DPRD Pacitan untuk periode 5 tahun ke depan, diprediksi akan diduduki dari Partai Golkar yang memiliki 7 kursi bersama dari PDI Perjuangan (6 kursi) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang mendapatkan 5 kursi.

Pelantikan ke 45 Anggota DPRD Kabupaten Pacitan telah dilaksanakan Jumat (23/8/24) lalu. Komposisinya terdiri atas 18 dari Partai Demokrat, 7 dari Partai Golkar, 6 dari PDI Perjuangan, 5 dari PKB, berikut masing-masing 2 kursi dari PPP, Partai Nasdem, Hanura, dan PKS, serta 1 dari Partai Gerindra.

Saat ini, yang terpilih menjadi Ketua dan Wakil Ketua Sementara adalah Aris Setya Budi dari Partai Demokrat dan Prabowo dari Partai Golkar. Keduanya merupakan Anggota DPRD Pacitan dari Parpol yang perolehan kursinya terbanyak pertama dan terbanyak kedua.

Definitif

Pimpinan DPRD Pacitan Sementara, segera melaksanakan tugas pembentukan fraksi-fraksi dan juga melakukan penyusunan rancangan Peraturan DPRD tentang tata tertib Dewan serta memproses penetapan Pimpinan DPRD Pacitan yang definitif.

Berdasarkan perolehan suara pada Pemilu 14 Februari 2024, yang menjadi Anggota DPRD Kabupaten Pacitan periode 2024-2029, sebagian adalah wajah baru. Wajah baru tersebut terdiri atas Rakhman Wijayanto, Suhadi, Willy Rizki Cahya Pambudi, Baginda Rahadian Pratama, Tumardi, Winardi, dr Warkim Sutarto (Partai Demokrat).

Kemudian Wuri Estyana Nasira dan Arief Nurman Hidayat (Partai Golkar), Edi Kuncoro (PDI Perjuangan) dan Dodik Prahcoyo (PKB). Sementara sisanya merupakan wajah lama sebagai pentahana yang sudah berpengalaman menjadi Anggota Legislatif di lembaga DPRD Pacitan.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan mengabarkan, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji bersama jajaran Forkompimda, ikut hadir dalam upacara pelantikan 45 Anggota DPRD tersebut. Upacara pelantikan ditandai dengan pengucapan sumpah dan janji yang dipandu Ketua Pengadilan Negeri (PN) Pacitan, dan dirangkai dengan penyematan Pin Anggota Dewan.(Bambang Pur)