Ilsutrasi bakal calon Wali Kota Semarang Yoyok Sukawi dan siapa calonnya? Reka: SB.ID

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Koalisi Semarang Maju yang terdiri dari Partai Demokrat, PKB, PKS, PAN, dan PPP tengah mematangkan pilihan untuk calon wakil wali kota yang akan mendampingi AS Sukawijaya atau Yoyok Sukawi di salah satu rumah makan di Kota Semarang, Senin malam 19 Agustus 2024.

Ketua DPC PKB Kota Semarang, Muhammad Mahsun menyatakan, bahwa pimpinan partai dalam Koalisi Semarang Maju semakin solid dalam menyepakati kriteria calon pendamping Yoyok Sukawi menjelang pendaftaran yang sudah dijadwalkan oleh KPU.

“Pimpinan partai sudah sepakat dengan kriteria wakil pendamping Mas Yoyok. Segera kita kerucutkan,” ujar Mahsun.

Di sisi lain, Ketua DPC PPP Kota Semarang, Fatchur Rohman menegaskan, bahwa Koalisi Semarang Maju tetap solid dalam mendukung Yoyok Sukawi sebagai Calon Wali Kota Semarang.

“Kesepakatan untuk mendukung Mas Yoyok masih sangat kuat,” katanya.

Menurut Fatchur, seiring dengan semakin dekatnya Pilkada 2024 dan tahapan yang akan dimulai oleh KPU, Koalisi Semarang Maju semakin kompak.

“Ada beberapa hal yang akan kita putuskan bersama, terutama soal calon wakil. Sejauh ini, tidak ada masalah berarti,” terangnya.

Ketua DPD PAN Kota Semarang, Mulyono Tatag Anggoro juga menyampaikan, bahwa fokus utama koalisi saat ini adalah memenangkan Yoyok Sukawi sebagai Wali Kota Semarang. “Yang paling penting adalah kita sepakat bahwa Mas Yoyok harus menang,” tegasnya.

Mulyono juga menyatakan bahwa keputusan pemilihan calon wakil wali kota diserahkan sepenuhnya kepada Yoyok Sukawi.

“Kita sepakat memberikan wewenang penuh kepada Mas Yoyok untuk memilih wakilnya. Prinsipnya, kita tidak ingin perpecahan karena masalah wakil. Kami tetap mengusulkan kader terbaik PAN, tapi pilihan akhir ada di tangan Mas Yoyok,” tambahnya.

Namun dalam pertemuan itu, tidak terlihat perwakilan dari DPD NasDem Kota Semarang. Menurut sebuah sumber, ada informasi bahwa Nasdem beralih dukungan ke Dico M Ganinduto.

Hery priyono