Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Yosanna Laoly saat menunjukan desain baru paspor merah putih. Foto : SB/dok Tikim Kanim

JAKARTA(SUARABARU.ID)-Menteri Hukum, Keamanan dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) RI Yasonna Laoly meluncurkan desain baru paspor Republik Indonesia.

Desain paspor yang sebelumnya berwarna hijau akan berubah menjadi warna merah dan putih.

“Bertepatan dengan momentum Hari Kemerdekaan RI ke-79 tanggal 17 Agustus 2024 saya luncurkan desain baru paspor RI,” kata Yasonna saat meluncurkan desain baru paspor di Kawasan Jakarta Pusat.

Menurut Yasonna, desain baru paspor RI tersebut mengusung tema-tema budaya Nusantara.

“Nantinya, desain baru paspor yang bernuansa warna merah putih ini akan resmi diedarkan mulai 17 Agustus 2025 tahun depan,” katanya.

Sebab, paspor dengan desain lama masih banyak stoknya. Karena itu, desain paspor lama berwarna hijau saat ini masih tetap digunakan.

Selain itu, Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kemenkum HAM RI juga masih akan melakukan persiapan lebih lanjut.

Jaga Persatuan

Peluncuran desain baru paspor merah putih Republik Indonesia di kawasan Jakarta Pusat. Foto : SB/dok Tikim Kanim

Dikatakan Yasonna, desain baru ini mencerminkan tekad untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, meskipun berbeda-beda tapi tetap satu jua.

“Tema merajut nusantara dalam kebinekaan Indonesia yang kita usung sangat relevan dengan keberagaman yang menjadi kekuatan bangsa,” ujar Yasonna.

“Desain baru ini menggambarkan kekayaan budaya dari Sabang sampai Merauke dari Pulau Miangas sampai Pulau Rote yang terjalin dalam bingkai kebinekaan,” sambungnya.

Dilanjutkan Yasonna, desain kertas dalam paspor juga bergambar kain-kain tenun dan batik asal Indonesia.

“Ada 5.000an (motif) tapi yang kita pakai 33 saja sesuai halaman paspor yang ada,” ungkap Yasonna.

Dalam kesempatan yang sama, kata dia, desain baru paspor juga mencerminkan komitmen dan konsistensi pemerintah dalam memperkuat identitas nasional serta menjaga kedaulatan negara.

Terlebih, desain baru paspor ini juga mengimplementasikan teknologi pengamanan terkini dan mutakhir.

“Dan ini tentunya diikuti dengan security features yang sudah mutakhir,” ungkapnya.

Muharno Zarka