Bupati Wonogiri Joko Sutopo dan Wakil Bupati Setyo Sukarno (kesatu dan kedua dari kiri) bersama jajaran Forkompimda, Ketua DPRD dan Plt Sekda serta Asisten Sekda, memberikan penghormatan saat melakukan ziarah ke TMP Kusuma Bangsa.(Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dalam rangka memperingati HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonedia (RI), Kapolres Wonogiri AKBP Jarot Sungkowo, bersama Bupati dan Wakil Bupati serta jajaran Forkopimda, Jumat (16/8/24), melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa.

TMP Kusuma Bangsa berlokasi di Lingkungan Mojoroto, Kelurahan Wonoboyo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Acara ziarah, diawali dengan upacara hening cipta, penghormatan dan pemanjatan doa kepada arwah pahlawan. Kemudian diteruskan peletakan karangan bunga di pangkal tugu TMP, dan diteruskan dengan acara tabur bunga ke pusara makam para pahlawan.

Tampil memimpin upacara ziarah, Kajari Wonogiri Porman Patuan Radot. Ikut hadir Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Edi Ristriyono, Ketua DPRD Sriyono, Plt Sekda Wonogiri FX Pranata bersama Asisten Sekda dan para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Peserta upacara juga melibatkan peleton dari Polres Wonogiri dan pasukan TNI dari Kodim 0728 Wonogiri, serta dari instansi terkait lainnya.

Upacara diawali dengan pemberian penghormatan kepada arwah para pahlawan yang telah gugur merebut kemerdekaan, setelah itu diikuti dengan mengheningkan cipta dipimpin oleh inspektur Upacara dan dilanjutkan peletakan karangan bunga di tugu pahlawan hingga penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan.

Kapolres Wonogiri AKBP Jarot Sungkowo, melalui Kasi Humas AKP Anom Prabowo, menyatakan, ziarah ini dilaksanakan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur demi merebut kemerdekaan. Ziarah yang dilakukan, merupakan bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah mendahului gugur.

Dengan ziarah, diharapkan mampu menggugah semangat kepahlawanan rela berkoban, pantang menyerah dan cinta Tanah Air,serta mampu menumbuhkan nilai kepahlawanan untuk semakin cinta terhadap bangsa dan negara.(Bambang Pur)