Kepala Disdikpora Jepara Ali Hidayat (tengah, depan) bersama jajaranya. Foto: Disdikpora Jepara

JEPARA(SUARABARU.ID) – Tema peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-79 kemerdekaan Republik Indonesia: Nusantara Baru, Indonesia Maju, harus menjadi sebagai pelecut semangat jajaran pendidikan di Jepara untuk terus maju meraih prestasi. Ajakan itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara Ali Hidayat. Seluruh pelaku pendidikan di Jepara, dia ajak mengisi kemerdekaan dengan prestasi membanggakan.

“Pasti bisa. Bulan Agustus ini saja kita bisa mengukir dua prestasi tingkat nasional di OSN (Olimpiade Sains Nasional), kok,” kata Ali Hidayat pada Jumat (16/8/2024) malam.

Dua prestasi nasional itu, jelasnya, diukir oleh Muhammad Akbar Raihan, siswa SD Muhammadiyah Kriyan, Kalinyamatan, yang menjadi juara 3 bidang IPA jenjang SD/MI, dan Haiva Almahya Adiba, siswa SMPN 5 Jepara yang menjadi juara 3 bidang IPA jenjang SMP/MTs.

Agar momentum ini bisa terus dijaga, dia meminta moto “memberikan pelayanan prima sepenuh hati” benar-benar dilakukan dalam pelayanan pendidikan. Jika dibarengi dengan sikap sikap mental berakhlak, berintegritas, dan berkelas dunia dengan layanan sepenuh hati, Ali Hidayat yakin prestasi pendidikan di Jepara akan makin meningkat.

Kepada jajaran pendidikan di Jepara, Ali Hidayat menyebut, sering menekankan pentingnya 6K dalam mengedepankan kebersamaan dan sinergi pelayanan pendidikan. “Enam K itu adalah kolaborasi, komunikasi, koordinasi, konsultasi, konsolidasi, dan komitmen,” tandasnya.

Dia juga meminta agar implementasi Kurikulum Merdeka di Jepara benar-benar dijalankan untuk memastikan agar semua anak Jepara ditemukan talentanya. “Setelah ditemukan, bimbing dan bina mereka. Arahkan, beri fasilitasi agar jadi anak-anak hebat, yang siap menyongsong Indonesia Emas 2045,” tambahnya.

Jika hal itu dilakukan, dia yakin semboyan Disdikpora Kabupaten Jepara, yakni “pendidikan hebat, pemuda maju, olahraga jaya, dan Disdikpora sukses luar biasa” dapat terwujud.

Sementara itu, mengiringi peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, Ali Hidayat telah meminta satuan pendidikan menyambutnya dengan cara yang berbeda dari sebelumnya. “Terima kasih semua melakukan dengan baik. Memasang umbul-umbul, bendera Merah Putih, berhias, dan menggelar berbagai kegiatan, baik yang sifatnya renungan maupun kemeriahan,” tandasnya.

Bahkan di Disdikpora, Ali Hidayat bersama jajarannya pada Kamis (15/8/2024) lalu ikut memeriahkan karnaval budaya Kabupaten Jepara dengan cara berbeda. Mereka membuat album video khusus membawakan 17 lagu nasional. Saat ini, video itu sedang dalam proses penyunrtingan.

 

Hadepe – Kalyana