Kementerian Hukum dan HAM Kantor Wilayah Jawa Tengah menyelenggarakan sosialisasihukum serentak di FH Unissula, Kamis (15/8/2024). Penyuluhan mengenai Partisipasi publikterhadap rancangan peraturan presiden tentang kepatuhan hukum dalam pembentukanperaturan perundang-undangan dan pelaksanaan hukum. Sosialisasi disampaikan oleh penyuluh hukum Kemenkumham Kanwil Jawa Tengah Dr Erdanang Agung SH MH, dan analis hukum Kemenkumham Kanwil Jawa Tengah Lianita Insani Putri SH.

Dekan FH Dr Jawade Hafidz SH MH menyatakan baru saat ini sosialisasi perpres terlaksanadi FH Unissula. “Sosialiasi hukum mengenai rancangan perpres harus melibatkan partisipasipublik, terutama masyarakat kampus. Sehingga harapannya melalui sosialisasi hari ini, kedepan perpres yang dibuat itu benar-benar memberikan makna yang luas bagikemaslahatan masyarakat,” ungkapnya.

Pihaknya juga menjelaskan acara sosialisasi hukum dimaknai sebagai bagian untukmemperkuat pelaksanaan internasionalisasi FH Unissula. “Karena keberadaanKemenkumham di tengah-tengah kampus itu satu keniscayaan. Mau tidak mauKemenkumham tidak lepas dari dunia kampus. Sebaliknya, kampus harus menjaga dan memelihara hubungan kerjasama dengan Kemenkumham,” jelasnya.

Dalam acara peringatan hari pengayoman Kemenkumham tersebut pihaknya menyebut FH Unissula sedang serius untuk internasionalisasi dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi. “Yang meliputi pendidikan pengajaran, publikasi ilmiah, dan pengabdian masyarakat,” pungkasnya.