Tiga proposal mahasiswa Fakultas Farmasi (FF) Unissula kembali lolos Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2024. Mereka mendapatkan pendanaan di bidang Riset Eksakta (RE)yang berlangsung 19 April hingga 18 Agustus 2024. Ketiga proposal tersebut di bawahbimbingan apt Arman Suryani SFarm Mpharm Sci. “Ini adalah hasil dari kolaborasi yang baik antara mahasiswa dan dosen. Saya berharap prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa lain untuk terus berkarya dan berprestasi di bidang riset,” ungkapnya, Kamis (15/8/2024).

Dekan FF Unissula Dr apt Rina Wijayanti MSc juga mengungkap rasa bangganya. “Keberhasilan ini merupakan bukti nyata komitmen Fakultas Farmasi dalam mendorong mahasiswa untuk berinovasi dan mengembangkan potensi. Kami sangat bangga dengan pencapaian ini dan berharap dapat terus menghasilkan karya-karya yang bermanfaat bagi masyarakat dan ilmu pengetahuan. Dan semoga bisa lulus PIMNAS 2024,” ujarnya.

Pihaknya menyebut dengan pendanaan PKM 2024 ini semakin mengukuhkan FarmasiUnissula sebagai salah satu fakultas yang unggul dalam penelitian di Indonesia. Kedepandiharapkan prestasi ini dapat menjadi inspirasi bagi generasi mahasiswa berikutnya untuk terus berkarya dan memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa dan negara,” pungkasnya.

Ketiga proposal tersebut adalah Potensi Minyak Biji Wortel Sebagai Anti-penuan dan Perlindungan Matahari: Inovasi Penghantaran Kosmetik Dengan Berbasis Nanopartikel Lipid Padat oleh M. Azrul Reza Affani, Berliana Widya Safitri, Indah Aulia Azis, Muhammad Fajar Esduana Aldo, dan Hagia Sofia.

Kedua, Modifikasi Sinergis Tween 20 dan Fosfolipid Sintesis/Alami Sebagai Basis: Serum Nanoliposom Ekstrak (Sonnerita caseolaris L.) Sebagai Antijerawat dan Noda Bekasnya oleh Hilda Amie Shafira Istiqhfarin, Nurul Hidayah, Andina Melly Aryanti, Narendra NazzunNitisara, Raisya Ardana.

Dan ketiga Nanopartikel PLGA-Khitosan/Na-Alginat Ekstrak Buah (Zanthoxylum acanthopodium): Inovasi Penghantaran Obat Herbal Oral Tertarget Sebagai Antimalaria Yang Potensial oleh Azzula Safir Suwarno, Indri Puspita, Jovanza Karisma Audrelia, PandisaParawansa, dan Aisyah Aiska Qumayroh.