Pengurus Kwarran Tahunan bersama Kwarcab Pramuka Jepara. Foto: Khoirul

JEPARA (SUARABARU.ID) – Kak Nuril Abdillah dan Kak Puryono hari ini, Selasa 13 Agustus 2024 dikukuhkan sebagai Ketua Majelis Pembimbing Ranting ( Ka. Mabiran) dan Ketua Pengurus andalan gerakan pramuka Kwartir Ranting ( Kwaran) Tahunan masa bhakti 2024-2027. Kegiatan tersebut digelar di kantor Satkordik Kecamatan Tahunan Jepara.

Hadir dalam acara tersebut Kwarcab Jepara, yang diwakili oleh Kak Agus Tri Harjono, Camat Tahunan, Nuril Abdillah yang juga menjadi Ka. Mabiran, Kapolsek Tahunan, Danramil Tahunan, KUA Tahunan, Ka. Kwaran Tahunan, Kak Puryono beserta jajarannya, Ka. Mabigus se-Kecamatan Tahunan, dan undangan dari berbagai instansi di Kecamatan Tahunan.

Kak Agus Tri Harjono , Kwarcab Pramuka Jepara sampaikan pembinaan . Foto: Subekhan

Acara pelantikan dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama pelantikan Majelis Pembimbing Ranting yang dipimpin oleh Kak Agus Tri Harjono, Wakil Ketua Kwarcab Jepara karena Kak Hesty Nugroho, Ketua Kwarcab Jepara berhalangan hadir. Sedangkan pelantikan Pengurus Andalan Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Tahunan dipimpin oleh Kak Nuril Abdillah, Ketua Majelis Pembimbing Ranting Tahunan.

Dalam sambutannya, Kak Nuril Abdillah menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi- tingginya kepada Pengurus Kwaran Tahunan periode sebelumnya yang telah mengukir prestasi di bidang kepramukaan, ikhlas mengabdi tanpa mengenal batas usia.

Pelantikan Kwarran Tahunan . Foto: Khoirul

Kak Nuril Abdillah berpesan agar pramuka di era teknologi ini dapat mengkombinasikan budaya leluhur dengan kemajuan teknologi sehingga bisa beradaptasi dengan perubahan tanpa tercerabut dari akar tradisi.

Sebagai Kamabiran, Kak Nuril Abdillah siap mensupport kegiatan kepramukaan di Kwaran Tahunan.

” Selamat atas dilantiknya Kwaran Tahunan, dan mari kita jadikan pramuka Kwartir Ranting Tahunan menjadi yang terdepan di Kabupaten Jepara sebagaimana tagline Kecamatan Tahunan di bidang apapun selalu yang terdepan.” Tuturnya berapi-api.

Sementara Kak Agus Tri Harjono dalam sambutannya menuturkan bahwa pramuka telah terbukti mencetak orang-orang hebat berakhlak mulia dan sudah lama dikenal di masyarakat. Pramuka menjadi instrumen yang sukses dalam mendidik karakter anak bangsa.

” Selamat kepada Pengurus Kwaran Tahunan, titip pilar-pilar bangsa ini agar terus dijaga Lewat kegiatan pramuka. Jadikan Kecamatan Tahunan sebagai Kecamatan pramuka, semoga menjadi pioner pramuka di Kabupaten Jepara. Semangat Kak Pur dan Kakak- kakak lainnya terus eksis menjaga Indonesia Raya.” Pintanya.

Kegiatan pelantikan Mabiran dan Andalan Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Tahunan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Pramuka ke-63 yang dilanjutkan dengan Renungan Ulang Janji ( RUJ) dan Sarasehan Kepramukaan yang dipusatkan di SMK Islam Jepara.

Hadepe -sub