Divpas Jateng lakukan skrining kesehatan bagi narapidana Rutan Semarang (13/8/2024). Foto: Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tim kesehatan Divisi Pemasyarakatan (Divpas) Kantor Wilayah Jawa Tengah melakukan skrining kesehatan bagi Warga Biinaan Pemasyarakatan (WBP) di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Semarang, Selasa (13/8/2024).

Pemeriksaan dilakukan oleh tim kesehatan meliputi dokter dan psikolog klinis dari Divpas Jateng yang berlangsung di Aula Blok Hunian Rutan Semarang.

Sebelumnya, tim melakukan pemeriksaan fisik, tensi darah, denyut jantung dan riwayat kesehatan WBP yang dilanjutkan dengan konseling psikologi untuk mengetahui gambaran kondisi jiwa mereka saat ini. Selain itu, juga dilakukan tes narkotika dan zat adiktif lainnya (Napza) untuk mengetahui apakah ada bahan-bahan tersebut pada diri WBP.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mendapatkan penanganan sedini mungkin serta tersedianya data atau informasi untuk menilai perkembangan kesehatan WBP.

William, salah satu WBP Rutan Semarang mengaku senang bisa mengikuti skrining kesehatan ini. “Saya senang bisa konsultasi langsung dengan dokter dan psikolog tentang kesehatan, sehingga mendapat pencerahan,” ungkap WBP kasus narkoba vonis 4 tahun tersebut.

“Hasil skrining akan dianalisa dan hasilnya akan diserahkan kembali ke pihak Rutan Semarang sebagai bahan tindak lanjut,” kata dr. Nina dari tim kesehatan Divpas Jateng.

Sebelumnya, Kepala Divisi Pemasyarakatan Jawa Tengah, Kadiyono mengatakan, kegiatan ini bertujuan mendeteksi dini gangguan kesehatan maupun kejiwaan pada WBP.
“Kedepan kami akan terus memberikan perhatian secara khusus untuk masalah kondisi kesehatan yang dialami oleh WBP,” tandas Kadiyono.

Ning S