Salah satu baliho Bayu Jalar Prayogo yang terpasang di salah satu titik di Semarang. Foto : SB/Muharno Zarka

SEMARANG(SUARABARU.ID)-Beberapa baliho bergambar seorang lelaki dengan tulisan cukup informatif bertebaran di Kota Semarang beberapa hari terakhir.

Baliho ini dilengkapi dengan kalimat yang bernada mempromosikan sebuah biro ibadah umroh dan haji.

Kehadiran baliho ini kemudian menjadi perbincangan warga karena dikaitkan dengan momentum Pemilihan Walikota (Pilwakot) Semarang 2024.

“Pengusaha Muslim Inovatif”, “Biro Umroh Terpercaya dan Nyaman”, “Biro Umroh dengan Keberangkatan Tepat Waktu”, “Tokoh Inspiratif Indonesia”, “Biro Umroh Inovatif dan Terpercaya”, begitulah bunyi kalimat di baliho tersebut.

Baliho juga dilengkapi dengan nama sosok yang terpampang yakni H Bayu Jalar Prayogo SE SH MH memegang sebuah award, yang pernah ia peroleh.

Sebuah logo yang diduga kuat menjadi brand biro umroh miliknya, Arbani Tour, ikut terpajang di bagian atas.

Baliho ini terpasang di enam titik strategis di Kota Semarang dengan ukuran yang cukup besar sehingga langsung terlihat oleh siapapun yang melintas.

Enam titik baliho Bayu Jalar Prayogo ada di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Jalan Teuku Umar Jatingaleh, Jalan Kedungmundu Raya, Jalan Raya Ngaliyan-Jrakah, lalu ada Jalan Yos Sudarso-Anjasmoro dan Jalan Wolter Monginsidi.

Desain yang menarik, kreatif dan cukup eye catching tentu menarik minat warga dan pengguna jalan yang melintas untuk menyempatkan membaca baliho ini.

Personal Branding

Bayu Jalar Prayogo mengaku baliho yang terpasang di beberapa titik di Semarang sebagai bentuk personal branding. Foto : SB/Muharno Zarka

Saat dihubungi, Bayu Jalar Prayogo mengakui memang dirinya yang memasang baliho-baliho tersebut.

“Memang saya memasang baliho itu. Ada penghargaan yang saya dapat secara pribadi sebagai pengusaha. Ada pula yang didapat oleh usaha saya Arbani Tour,” terangnya

Dirinya juga mengakui jika baliho ini dipasang sebagai bentuk personal branding dirinya sebagai pemilik Arbani Tour.

“Iya ada enam titik dan akan ditambah lagi sebagai personal branding. Karena usaha umroh ini perlu dikelola dengan amanah dan transparan siapa pemiliknya sebagai pertanggungjawaban sehingga bisa dipercaya masyarakat,” ujarnya.

Dirinya mengaku saat ini dirinya memang memasang baliho karena mulai masuk musim umrah baru per bulan Juli, sehingga perlu melakukan sosialisasi.

“Ini kan masuk musim umroh, jadi harus ada promosi usaha dan sosialisasi,” tambahnya.

Namun demikian, Bayu Jalar Prayogo belum berkomentar banyak saat ditanya mengenai keterkaitan baliho-baliho ini dengan isu majunya dirinya dalam Pilwakot Semarang 2024.

Termasuk kemungkinan dirinya dipinang dari salah satu partai menjadi calon wakil walikota, Bayu-pun enggan menjawab secara rinci.

“Kita lihat nanti saja, prosesnya masih cukup lama. Sementara ini, saya ingin memperluas Jaringan usaha Umroh Arbani, nggak fokus kesitu,” tandasnya.

Muharno Zarka