Ketua JBT April Sriwahono, menyalurkan aksi bantuan sosial sembako, di Desa Bojong Lor, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan, Sabtu (10/8/2024). Foto: spr

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Dalam rangka menyemarakkan Hari Jadi Ke-79 Provinsi Jawa Tengah, anggota Jateng Bikers Community (JBT) berkolaborasi dengan Pemprov Jateng, melakukan aksi sosial berupa pembagian sembako dibeberapa desa yang ada di Kabupaten Pekalongan.

Sekda Pemprov Jateng, Sumarno, dalam kesempatan ini berkesempatan melepas keberangkatan tim sosial itu dari halaman Kantor Gubernur Jateng, di Jalan Pahlawan, Semarang, Sabtu (10/8/2024).

”Kami menyatakan salut atas kiprah para pemotor anggota JBT, dan beberapa dinas di lingkungan Pemprov Jateng, seperti Dinas Sosial, Dinas Ketahanan Pangan, Baznas dan Inspektorat, sehingga memberikan dampak positif yang lebih luas bagi masyarakat,” tutur Sumarno dalam sambutannya.

BACA JUGA: Serap Aspirasi Bacalon Walkot Tegal Faruq  Belanja Masalah

Sekda Sumarno, ketika melepas pemotor JBT, yang melakukan aksi sosial ke Kabupaten Pekalongan, Sabtu (10/8/2024). Foto: spr

Sementara itu, Ketua JBT, April Sriwahono mengatakan, pihaknya menyalurkan 1.400 paket sembako, dengan melibatkan berbagai pihak. Bantuan sosial itu terdiri dari 500 paket sembako dari Baznas Jateng.

Lalu, lima ton beras dari Dinas Ketahanan Pangan untuk 500 kepala keluarga (masing-masing 10 kg beras), 300 paket makanan siap saji, dan 320 paket makanan anak dari Dinas Sosial Jateng, serta 48 paket Kids Ware, dan 100 paket sembako dari Inspektorat Wilayah.

Menurut April, total nilai bantuan diperkirakan mencapai Rp 262.769.400. Paket sembako ini disalurkan ke masyarakat di empat desa, di Kabupaten Pekalongan. Masing masing di Desa Bojong Lor dan Duwet Kecamatan Bojong, serta Desa Gejlig dan Gandarum Kecamatan Kajen.

BACA JUGA: Kapal DLU Terbakar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Ada Korban Jiwa?

”Harapan kami, bantuan ini dapat meringankan beban hidup masyarakat sebagai upaya pengentasan kemiskinan di Jateng,” imbuh April, yang juga seorang ASN Inspektorat Jateng.

Pada kesempatan itu, Lurah Bojong Lor, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan, Agus Heriyanto menyatakan rasa senangnya, atas bantuan sembako yang diterima masyarakat kurang mampu di wilayahnya. Dia berharap, agar aksi sosial ini menjadi berkah bagi semua pihak yang terlibat.

Turut hadir dalam setiap penyerahan bantuan itu antara lain, Anton Dwijo Putranto (Inspektur Pembantu Bidang Pengawasan Khusus), dan Soemarijono (Inspektur Pembantu Bidang Pengawasan Akuntabilitas Keuangan Daerah) serta pengurus Baznas Jateng.

Sigit PR