blank
ilustrasi. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Liburan ke pantai sering menjadi pilihan menarik untuk menghilangkan stres dan menyegarkan pikiran. Selain bersantai, pantai memiliki manfaat positif bagi kesehatan fisik dan mental.

Sudah bukan rahasia lagi kalau pengguna ponsel akan mengabadikan momen mereka saat berlibur dengan mengambil sebuah foto. Dengan membawa ponsel ke pantai memungkinkan kamu bisa menangkap berbagai kenangan dan tetap bisa terhubung dengan orang-orang tercinta lewat bantuan internet.

Walaupun begitu, kamu tetap perlu memperhatikan dan melindungi perangkat dari air, pasir, maupun pencurian. Untuk itu, apabila kamu khawatir dengan kerusakan ponsel saat di pantai, dilansir dari Suara.com berikut setidaknya ada 5 tips untuk menjaga keamanan ponsel saat berlibur di pantai.

1. Gunakan casing tahan air dan tahan pasir

Pasir dan air menjadi ancaman utama bagi ponsel saat berada di pantai. Percikan dan tumpahan air dapat meresap ke dalam ponsel, sehingga bisa saja menyebabkan kosleting. Sementara untuk pasir yang halus bisa saja menggores layar, menyumbat port, dan menyusup ke komponen internal ponsel.

Dengan casing yang tahan air dan tahan pasir, itu bisa menyegel ponsel kamu secara aman, mencegah dari pasir, air dan elemen berbahaya lainnya. Pastikan kamu menggunakan casing dengan segel ketat dan peringkat tahan air yang baik.

2. Lindungi ponsel dengan panas berlebih

Ponsel yang terlalu panas juga dapat merusak saat di pantai. Dari paparan sinar matahari secara langsung dengan durasi yang lama, itu bisa saja menyebabkan perubahan pada layar, bodi ponsel melengkung, atau bisa juga menyebabkan kerusakan piksel, yang menyebabkan masalah tampilan.

Nah, untuk melindungi perangkat dari panas berlebih, selalu simpan ponsel kamu di bawah payung pantai atau di dalam tas yang teduh. Dengan menjaga perangkat dari sinar matahari secara langsung tentu itu dapat menjaga suhu yang aman.

3. Simpan perangkat di dalam ziploc atau kantong kering saat tidak digunakan

Jika kamu tidak menggunakan casing yang tahan, alternatifnya kamu bisa menyimpan ponsel di dalam zibloc atau kantong yang kering saat tidak digunakan.

Kamu bisa menggunakan kantong yang memiliki segel kedap udara untuk mencegar air dan pasir, bahkan ketika terendam air. Selain itu, kantong kering juga menawarkan kompartemen empuk untuk perlindungan benturan dan tali yang dapat disesuaikan agar mudah dibawa.

4. Bersihkan tangan sebelum memegang ponsel

Ketika kamu mengeluarkan ponsel dari tas dan casing pelindungnya, pastikan tangan kamu bersih. Pasir, tabir surya, air asin, dan residu lainnya dapat dengan cepat berpindah ke perangkat.

Nah, untuk mencegah masalah ini cobalah untuk membilas tangan dengan air tawar untuk menghilangkan pasir, garam, dan residu lainnya. Kemudian keringkan dengan handuk yang bersih.

5. Jangan tinggalkan barang tanpa pengawasan

Untuk melindungi ponsel, jangan pernah meninggalkannya tanpa pengawasan, karena perangkat menjadi salah satu target utama pencuri.

Apabila kamu memiliki ponsel yang mahal, cobalah untuk menghindari menggunakannya secara berlebihan untuk menghindari menarik perhatian.

Nah, itulah setidaknya ada 5 tips yang dapat kamu ikuti untuk melindungi ponsel saat berlibur di pantai. Semoga informasi ini bermanfaat.

Claudia