Anggota TPP Musorkab KONI Wonosobo foto bersama usai konferensi pers di Kantor Sekretariat KONI setempat. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Dua bakal calon (Bacalon) Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Wonosobo dinyatakan lolos verifikasi berkas administrasi jadi calon Ketum KONI oleh Tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP) Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) KONI setempat.

Kedua orang yang lolos verifikasi berkas administrasi tersebut yakni Khozin (Ketua Umum KONI incumbent) dan Umar Kusumah (Sekretaris Umum KONI petahana). Sedangkan Rizal Arief (pengusaha agribisnis dan pegiat olahraga billiard) dinyatakan tidak memenuhi syarat verifikasi berkas administrasi sebagai calon Ketum KONI Wonosobo.

Ketua TPP Musorkab KONI Wonosobo Samsul Ma’arif dalam konferensi pers di Kantor Sekretariat KONI Jl Beteng Sari No 11, Selasa (30/7/2024) petang, mengatakan pengumuman calon Ketum KONI yang lolos verifikasi berkas administrasi tertuang dalam berita acara yang ditandatangai 5 anggota TPP Musorkab KONI.

“Pemeriksaan dan verifikasi berkas administrasi pendaftaran sudah sesuai dengan Peraturan Ketum KONI Jawa Tengah No 04 tahun 2022. Sesuai persyaratan, calon Ketum KONI harus mendapatkan minimal 8 dukungan dari cabang olahraga yang ada. Khozin mendapat 23 dukungan Cabor, Umar Kusumah 12 Cabor dan Rizal Arief nihil dukungan Cabor,” jelasnya.

Ikut Musorkab

Anggota TPP Musorkab KONI Wonosobo ketika menggelar konferensi pers di Kantor SekretariatKONI setempat. Foto : SB/Muharno Zarka

Calon Ketum KONI Khozin dan Umar Kusumah, lanjut Samsul, akan dipilih Cabor yang memiliki hak pilih pada Musorkab KONI pada Sabtu, 3 Agustus 2024 di Ruang Rapat Mangoenkusumo komplek Gedung Setda Wonosobo.

“Dalam Musorkab KONI Wonosobo mendatang, terdapat 37 hak pilih. Sejumlah 35 hak pilih berasal dari Cabor yang memiliki Surat Keputusan (SK) masih berlaku. Sedang 2 hak pilih lagi dari KONI Wonosobo domisioner dan KONI Provinsi Jawa Tengah,” ujarnya.

Samsul Ma’arif berharap Cabor yang memiliki suara datang ke acara Musorkab KONI dan menggunakan hak pilihnya dengan baik. Nanti pemilihan Ketua Umum KONI akan berlangsung di Sidang Pleno III. Didahului dengan penyampaian dan penyerahan hasil kerja TPP Musorkab KONI.

“Selanjutnya akan dilakukan penetapan calon Ketum KONI, pembahasan tata tertib pemilihan, penyampaian visi-missi, pemilihan Ketum, penetapan Ketum KONI terpilih dan terakhir pemilihan formatur untuk melengkapi personil pengurus harian KONI Wonosobo periode 2024-2028 mendatang,” tandasnya.

Muharno Zarka