Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Edi Ristriyono (kiri) memimpin tanam padi di sawah milik petani di Desa Soco, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri.(Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dandim 0728/Wonogiri Letkol (Inf) Edi Ristriyono, Selasa (30/7/24), tampil memimpin tanam padi. Lokasinya di area persawahan petani milik Sarosa, di Desa Soco, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengabarkan, ikut mendampingi Dandim menanam padi, sejumlah perwira staf Kodim. Juga Danramil-22 Slogohimo Kapten (Inf) Prahwoto bersama jajaran Forkompimcam Slogohimo. Tanam padi ini, dilakukan bersama petani yang tergabung di Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Ngudi Tani, Desa Soco, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri.

Gerakan tanam padi bersama Dandim 0728 Wonogiri ini, bertujuan untuk mendorong semangat kaum tani dalam mewujudkan ketahanan dan kemandirian pangan. Juga menjadi wujud nyata atas komitmen TNI, dalam mendukung program ketahanan pangan dan kiat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dengan semangat gotong-royong dan kerja keras, diharapkan akan mempercepat areal tanam di Wonogiri. Dandim 0728/Wonogiri Letkol (Inf) Edi Ristriyono, menyatakan, ini sebagai upaya untuk memberikan contoh dan memotivasi warga, agar lebih giat dalam mengembangkan pertanian, khususnya dalam budidaya tanaman padi.

”Ini untuk memotivasi petani, dalam rangka memperkuat upaya mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Wonogiri,” tandas Dandim. Orang pertama di jajaran TNI Kabupaten Wonogiri ini, menekankan pentingnya ada kemauan dan niat yang kuat, dalam mengembangkan pertanian padi.

Meskipun saat ini mulai memasuki musim kemarau, Dandim optimis akan berhasil. Karena didorong oleh semangat kerja keras, doa, serta tercukupinya suplai air irigasi dan dipenuhinya pupuk. Maka panen tahun ini diharapkan akan melimpah.

Dandim, berharap, inisiatif ini dapat menjadi pemicu bagi pengembangan pertanian di Kabupaten Wonogiri. Masyarakat diajak untuk bersama-sama memberikan dukungan, agar program ketahanan dan kemandirian pangan di Kabupaten Wonogiri dapat diwujudkan.(Bambang Pur)