Timnas Indonesia U19 melakukan selebrasi di podium juara, usai menerima piala ASEAN U19 Boys Championship 2024. Foto: dok/pssi

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Usai sudah penantian selama 11 tahun puasa gelar juara bagi Tim Nasional Indonesia, untuk Kelompok Usia (KU) 19 tahun. Tahun ini, sejak dari 2013, mereka kembali sukses menjadi kampiun, dan merebut titel juara di ajang ASEAN U19 Boys Championship 2024.

Mereka tampil sebagai yang terbaik, usai menumbangkan Thailand pada laga final dengan skor tipis 1-0, di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (29/7/2024) malam. Sedangkan Juara III ditempati Australia usai mengalahkan Malaysia.

Satu-satunya gol skuad Garuda Nusantara itu dicetak Jens Raven, menit 18. Penyerang asal Belanda itu menjaringkan bola, usai mendapatkan umpan dari Kafiatur dari tendangan sudut, yang sebelumnya juga mengenai kepala Kadek Arel.

BACA JUGA: Macan Kurung, Ikon Seni Ukir Jepara yang Nyaris Punah (Bag- I)

Kemenangan dan perjalanan tim besutan Indra Sjafri itu, pada turnamen ini tampil cukup baik. Mereka Menyapu bersih kemenangan di fase Grup A. Menang melawan Filipina 6-0, Kamboja 2-0 dan Timor Leste 6-2. Di semifinal, Indonesia menang atas Malaysia dengan skor 1-0.

”Saya mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT, karena tahun kemarin ada medali emas SEA Games 2023. Tahun 2024 ada Piala AFF U-19. Dan tentu untuk saya, itu menjadi motivasi agar berbuat yang lebih baik lagi,” kata Indra, pada sesi jumpa pers usai laga.

Menurut dia, trofi dan medali ini untuk para pemain yang telah bekerja keras, di mana tim ini dipersiapkan lebih kurang tujuh bulan, mulai dari Januari lalu. Tentu juara AFF ini menjadi modal baik untuk kita, agar bisa lebih percaya diri lagi, agar lolos ke Piala Asia. Dan kami sangat yakin,” tambahnya.

BACA JUGA: Dandim 0728 Wonogiri Pimpin Tanam Padi di Sawah Petani

Dengan koleksi empat gelar di lemari pialanya, Indra mengatakan, sejauh ini dia hanya memberikan yang terbaik saat ditugaskan PSSI. ”Sebagai anak bangsa, apa pun yang ditugaskan negara lewat PSSI ke saya, akan kami kerjakan dengan baik,” ucapnya.

Sementara itu, pencetak gol tunggal dalam laga ini, Jens Raven menyatakan perasaannya yang luar biasa. ”Ini sangat luar biasa, bisa cetak gol di final, di tengah stadion yang ramai oleh fans,” ungkapnya.

Selain menjadi juara, gelar lain juga diraih Timnas Indonesia. Yakni, gelar kiper terbaik sepanjang kejuaraan ini berlangsung, yang diraih Ikram Algiffari. Kemudian pemain terbaik yang disabet Donny Tri Pamungkas.

Riyan