Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menerima kunjungan Kepala Markas PMI Pusat.,pengrus PMI Jateng dan pengurus PMI Kebumen, Jumat 26/7.(Foto:SB/Humas PMI Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Kabupaten Kebumen pada September 2024 akan  menjadi lokasi latihan gabungan (Latgab) Sukarelawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) tingkat nasional.

Hal tersebut terungkap dari kunjungan pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat menemui Bupati Kebumen Arif Sugiyanto di Pendopo Kabumian, Jumat (26/7).

Kunjungan itu dalam rangka koordinasi menjelang even Latgab Sukarelawan Sibat tingkat nasional pada September mendatang.

Turut hadir Kepala Markas PMI Pusat, PMI Provinsi Jawa Tengah, Perwakilan PMI Se-Korwil 1,2 dan 3 serta Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto didampingi sejumlah Pengurus PMI Kebumen.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyambut hangat pertemuan tersebut dan mendukung penuh Latgab Sibat nasional. Apalagi kegiatan PMI selama ini selaras dengan program Bupati, yakni nandur wit kanggo anak putu, yang memperoleh  apresiasi PMI Pusat dengan menjadikan Kabupaten Kebumen sebagai tuan rumah.

Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto mendampingi pengurus PMI Pusat survei di kawasan pantai selatan Kebumen, Jumat (26/7).(Foto:SB/Humas PMI Kbm)

Kepala Markas PMI Pusat M Arifin mengatakan, pihaknya berkoordinasi awal kepada Bupati Kebumen sebagai bentuk izin dan meminta dukungan penuh. Terlebih salah satu rangkaian kegiatan yakni penanaman pohon, selaras dengan program Bupati Arif Sugiyanto.

Menurut Arifin, pihaknya mewakili PMI Pusat tentu menghadap Bupati Kebumen guna meminta izin dan dukungan penuh untuk Latgab Sibat nasional September mendatang.

“Spesial di tahun 2024 ini PMI Kebumen menjadi tuan rumah. Setelah tadi berkunjung beliau bupati Kebumen juga memiliki program tanam pohon untuk anak cucu, ini saya rasa selaras dan patut kita apresisi untuk kegiatan besok,”ujar Arifin.

Usai pertemuan tim PMI melanjutkan survei lapangan yang menjadi tempat pelaksanaan yakni Pantai Pandan Kuning, Petanahan, dan Pantai Kaliratu, Jogosimo, Klirong, guna mengidentifikasi detail kebutuhan dan konsep kegiatan

Arifin menerangkan,  setelah mengunjungi Bupati Kebumen kemudian mengadakan rapat koordinasi internal. Bahkan PMI Pusat didampini pengirus PMI Jateng dan PMI Kebumen juga survei ke lapangan Pantai Pandan Kuning dan Pantai Kaliratu.

“Survei lapangan ini supaya kita tahu betul bagaimana kondisi lapangan agar identifkasi detail kebutuhan bisa tepat, konsep kegiatan juga jelas sehingga bisa maksimal dalam pelaksaanaan kegiatan nantinya,”tambah Arifin.

Usai kunjungan agenda terdekat PMI Pusat akan segera menyosialisasikan kegiatan kepada seluruh PMI se Indonesia.

Komper Wardopo