LP Pasir Putih Nusakambangan raih 10 besar lomba musikalisasi puisi kolaborasi wali dan napiter. Foto: Humas

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Lapas Kelas IIA Pasir Putih Nusakambangan Kemenkumham Jateng berhasil meraih 10 besar lomba musikalisasi puisi, kolaborasi antara narapidana tindak pidana terorisme dengan wali napiter.

Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam Hari Ulang Tahun (HUT) Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI yang ke-14 tahun 2024.

Kalapas Pasir Putih, Enjat Lukmanul Hakim menyampaikan apresiasi kepada wali napiter dan narapidana teroris yang sukses berkolaborasi dalam ajang memperingati HUT BNPT.

“Kegiatan ini berdampak positif terhadap pola pembinaan di Lapas Pasir Putih. Saya ucapkan terimakasih kepada Kepala Seksi Binadik dan Petugas Lapas Pasir Putih serta Taruna Poltekip yang telah mensuport dengan maksimal kegiatan ini,” kata Enjat, belum lama ini.

Menurut Enjat, suksesnya lomba ini membuktikan adanya keseriusan petugas pembinaan dalam Lapas. Penyerahan penghargaan lomba sendiri berlangsung di Golden Tulip Holland Resort, Batu pada tanggal 24 Juli 2024, dimana Lapas Pasir Putih memperoleh urutan juara ke-9 dalam HUT BNPT RI.

Dengan torehan prestasi ini, Enjat berharap bisa meningkatkan kemampuan pamong napiter dalam berkomunikasi dan berdiskusi terhadap napi untuk menggali potensi, seperti kreativitas yang dimiliki napiter sebagai suatu bentuk prestasi dari proses pembinaan selama menjalani masa pembinaan di dalam Lapas.

Hal ini juga bertujuan sebagai salah satu bekal keahlian, yang diharapkan bermanfaat pada saat mereka kembali ke lingkungan masyarakat setelah bebas nanti.

Ning S