Pagelaran wayang kulit semalam suntuk, di lapangan eks-pasar lama Blora. Sabtu, 27 Juli 2024. Foto: Kudnadi Saputro Blora
𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 (SUARABARU.ID) — Pergelaran wayang kulit semalam suntuk tandai puncak acara peringatan Hari Keluarga Nasional (Haganas) ke-31 di Kabupaten Blora, Sabtu (27/7/2024).
Peringatan Harganas ini bertema ‘Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas’, bertempat di lapangan eks-pasar lama Blora, menuju cita-cita luhur bangsa Indonesia, untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas,  harmonis, bahagia dan sejahtera.
Kepala Dinas Dalduk KB Kabupaten Blora, Achmad Nur Hidayat SH., MSi., MM., menyampaikan bahwa beberapa kegiatan memperingati Harganas ke-31 sudah dimulai sejak Juli 2024.
“Peringatan di Blora Ini bergeser sedikit pada tanggal 27 Juli 2024, Peringatan di Provinsi Jawa Tengah sudah beberapa waktu lalu,” jelas Achmad Nur Hidayat.
“Malam ini malam yang bisa membuat semua warga Blora menjadi manusia yang adem tentrem dan lohjinawe,” harap Achmad Nur Hidayat.
Pagelaran wayang malam ini, lanjut Achmad Nur Hidayat, dipilihkan Ki dalang yang dal dan lan.
“Mengandung maksud, bisa kolaborasi kanan, kiri dalam dan luar,” ucap Kepala Dinas Dalduk KB Blora.
Saat membuka acara, Bupati Blora H. Arief Rohman S.IP., M.Si., menyampaikan bahwa momentum Harganas ke-31 tahun ini, mengenal arti penting keluarga berkualitas.
“Keluarga hebat keluarga mandiri, keluarga tenteram, dan keluarga bahagia,” ujar Bupati Blora.
Terkait dengan stunting, lanjut Bupati Blora, kita masih punya PR untuk menurunkan stunting di Kabupaten Blora.
“Saya apresiasi yang sudah bekerja keras, untuk berusaha menurunkan stunting,” ucap Bupati Blora.
“Perlu semua pihak sinergitas pemerintah dan swasta untuk ikut menurunkan stunting,” harap Bupati Blora.
Untuk diketahui, puncak peringatan hari keluarga nasional ke-31 kabupaten Blora, pagelaran wayang kulit semalam suntuk, Ki Dalang H. Sukron Suwondo dari Blitar Jawa Timur, dengan lakon ‘Kidung ing Mandrapura’ mulai pukul 20.00 WIB hingga usai pukul 03.00 WIB., hadir pada acara tersebut Forkopimda, Wakil Bupati, Sekda, OPD, Camat se-Kabupaten Blora.
Kudnadi Saputro