Perwakilan siswa dan siswi SMKN 4 Semarang, saat melakukan praktik jurnalistik dalam sesi wawancara. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi (Himalika) Universitas Semarang (USM), memberikan pelatihan jurnalistik pada siswa-siswi SMK Negeri 4 Semarang, Rabu (24/7/2024). Kegiatan ini digelar dengan menggandeng Komunitas Berita yang bertajuk ‘Himalika Goes to School’.

Ketua Himalika USM, Rihadatul Aisy mengatakan, kegiatan ini untuk menginspirasi generasi muda, agar lebih aktif dan terampil dalam membuat karya-karya jurnalistik.

”Acaranya berlangsung dengan penuh antusiasme. Para siswa juga diajak untuk terjun langsung dalam membuat berita. Tak hanya teori, mereka juga diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan, dalam sesi praktik lapangan,” katanya.

BACA JUGA: Wayang Kulit Semalam Suntuk Lakon ‘Kidung ing Mandrapura’ Tandai Puncak Acara Harganas Ke-31 di Blora

Di sisi lain, siswa SMK Negeri 4 Semarang, Adit, mengaku mendapatkan pengalaman yang berharga, setelah mengikuti kegiatan itu. ”Ini jadi pengalaman yang sangat berharga bagi kami. Saya merasa lebih percaya diri dan termotivasi, untuk mengeksplorasi dunia jurnalistik lebih dalam lagi,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Komunitas Berita, Amara Selvi Oktavia berharap, kegiatan ini dapat membuka wawasan siswa, mengenai pentingnya keterampilan jurnalistik dalam kehidupan sehari-hari, terutama di era digital saat ini.

Dengan kemampuan menulis yang baik, para siswa dapat menyampaikan informasi dengan akurat dan bertanggung jawab. Dengan keterampilan yang mereka asah melalui program ini, pihaknya berharap, nantinya akan ada di antara mereka yang menjadi jurnalis profesional.

”Menurut saya, tidak hanya memberikan manfaat jangka pendek, Himalika Goes to School juga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi siswa untuk mempertimbangkan karier di bidang jurnalistik,” tukas Amara.

Riyan