blank
Untuk ramp chek kendaraan melibatkan personel Dishub. Kemudian pemeriksaan kesehatan pengemudi ditangani oleh tenaga medis dari Dokpol Polres Wonogiri.(Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Wonogiri bersama jajaran Satlantas Polres Wonogiri, menggelar Ramp Chek kendaraan umum dan pemeriksaan kesehatan pengemudinya.

Termasuk pemeriksaan kondisi laik jalan bagi kendaraan bermotor wajib uji, yang beroperasi memberikan pelayanan angkutan umum di Kabupaten Wonogiri. Terkait ini, Dishub menurunkan personel kuer master yang biasa bertugas dalam menentukan kondisi laik jalan pada kendaraan.

Kapolres Wonogiri AKBP Jarot Sungkowo dan Kasatlantas Polres AKP Edy Prasetyo melalui Kasi Humas Polres AKP Anom Prabowo, menyatakan, serangkaian kegiatan tersebut menjadi bagian dari pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2024.

Ramp Check merupakan kegiatan yang bertujuan untuk melakukan pemeriksaan kendaraan secara menyeluruh, termasuk kelengkapan dokumen, kondisi teknis kendaraan dan kepatuhan terhadap aturan lalu lintas.

Bersamaan itu, kepada awak pengemudi angkutan umum dilakukan chek kondisi kesehatannya. Tujuannya, untuk meminimalisir terjadinya kecelakaaan (laka) lalu lintas. Kegiatan ini, dilaksanakan di Terminal Angkutan Kota (Angkot) Wonogiri.

Kasatlantas Polres Wonogiri AKP Edy Prasetyo, turun langsung memimpin kegiatan Ramp Chek dan pemeriksaan kesehatan pengemudi angkutan umum. Kegiatan ini melibatkan personel dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Wonogiri bersama aparat dari Unit Pengelolaan Pendapatan Daerah (UPPD) Kabupaten Wonogiri serta petugas dari Jasa Raharja.

Laik Jalan

Kegiatan Ramp Check, bertujuan untuk meminimalisir terjadinya laka lantas. Utamanya yang diakibatkan karena kondisi tidak laik jalan. Seperti tidak berfungsinya komponen rem, kondisi persneling yang kurang sempurna, terjadi mati lampu dan keadaan ban yang aus tidak lagi layak untuk dipasang.

Chek kesehatan bagi para pengemudi, diharapkan dapat mencegah laka lantas yang dipicu oleh human eror dari faktor Sumber Daya Manusia (SDM)-nya. Karena kesehatan supir maupun kernet kendaraan, menjadi hal terpenting dalam pelayanan angkutan umum kepada masyarakat.

Ini semua dilakukan, untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas pada angkutan umum. Juga dalam upaya mewujudkan Keamanan Keselamatan Ketertiban Kelancaran (Kamseltibcar) berlalu lintas di wilayah hukum Polres Wonogiri.

Kepada para pengemudi angkutan umum yang mengalami gangguan kesehatan, diimbau untuk tidak memaksakan diri dalam berkendara. Apabila sedang sakit, diseyogyakan untuk istirahat terlebih dahulu.

Kegiatan Ramp Check dan pemeriksaan kesehatan pengemudi ini, sebagai antisipasi terjadinya fatalitas dan demi menurunkan angka kecelakaan di Wonogiri.(Bambang Pur)