blank
Gerakan Turun Sekolah oleh anak-anak muda GSM di SDN 1 Mireng Kec.Trucuk Kab. Klaten. Foto : Umam

KLATEN (SUARABARU.ID) Kegiatan Gerakan  Turun Sekolah (GTS) merupakan kegiatan inspiratif yang diinisiasi oleh anak-anak muda dari berbagai mahasiswa untuk dijadikan sebuah wahana pencarian khasanah ilmu dan pengalaman melalui GSM (Gerakan Sekolah Menyenangkan).

Kegiatan ini secara sukarela dilaksanakan oleh mahasiswa di sekolah-sekolah dan untuk hari kedua pelaksanaan GTS Batch#2 setelah dari TK Pertiwi Kraguman 1 pada tanggal 12 Juli lalu, kemudian hari ini dilakukan di SDN 1 Mireng yang diikuti oleh 5 Mahasiswa dari UGM, UNY dan politeknik nuklir.

blank
Foto bersama tim GSM, sekolah, dan Pengawas Korwil Disdik Kecamatan Trucuk pada event GTS Batch#2 GSM Klaten. Foto : Umam

SDN 1 Mireng juga tidak kalah antusias dalam melaksanakan event ini. Dengan komando ibu Kepala Sekolah Rahayu Slamet, S.Pd.SD dan kolaborasi dengan bapak ibu guru, diantaranya adalah Guru Kelas 1 Siti Marfuah S.Pd dan Adhila Nurul Husna,S.Pd, Guru Kelas 2 Jaka Sutanta,S.Pd dan Gabriella Tri Anggreani, S.Pd, Guru Kelas 3 Suparti,S.Pd, Guru kelas 4 Rida Enggartinah,S.Pd dan Muhammad Rodli Zainudin, S.Pd.SD ,Guru Kelas 5 Fidyatun Khasanah,S.Pd dan Eko Wardoyo, S.Pd.SD, Guru Kelas 6 Khoirul Umam, S.Pd serta dibantu Guru PJOK Deny Rachmad Santosa, S.Pd dan Guru Agama Endang Caturia Wulandari, S.Pd.I, Sutanti, S.Pd.K, Lilis S.Pd.

Dalam kegiatan juga dihadiri oleh teman- teman Kepala Sekolah, guru dari Kecamatan Trucuk, kepala sekolah, guru dari Kecamatan Pedan juga ibu guru dari SMP Negeri 2 Delanggu.

Bapak dan ibu Pengawas dari Korwil Trucuk Yaitu Sri Purwanti, S.Pd dan Muhbisim, S.Pd. “Sebisa mungkin kegiatan seperti ini bias diimbaskan ke sekolah-sekolah sekitar.” Tutur pengawas.

“Kemudian apakah dalam prosesnya bahwa di dalamnya sudah memuat materi atau bab-bab pelajaran?”pangkasnya.

Kegiatan GTS ini berjalan dengan dinamika yang sangat baik antara mahasiswa yang hadir yaitu Siti Nur Rahmadani dari UGM, Daffa Arkhan Baihaqi dari Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia, Benedicta Alysia Viona Salomon dari UGM, Nessa Nabila Fitriana dari UGM dan Diah Arini dari UNY.

Peerta didik dikenalkan bagaimana mengenal emosi dan juga bagaimana bisa  mengelolaan emosi dengan baik dan benar.

Semoga kegiatan hari ini bisa membawa dampak dan perubahan yang positif bagi Bapak/Ibu guru dan peserta didik dalam pembelajaran yang menyenangkan. Membuat peserta didik lebih kenal dengan dirinya dan bisa berlatih bagaimana mengelola emosi dengan baik.

“Harapan kami semoga Tahun Depan SDN 1 Mireng mendapatkan kesempatan lagi menjadi salah satu tempat dilaksanakannya GTS tentunya dengan harapan juga mahasiswa yang datang bisa lebih banyak lagi sehingga dinamika kelas yang terjadi bisa lebih kompleks serta membuat kebahagiaan bagi peserta didik.” tutur Rahayu Slamet,S.Pd.SD selaku Kepala SDN 1 Mireng, Trucuk, Klaten.

Umam