Kepada Disdikpora Kab. Jepara Ali Hidayat saat memberikan motivasi kepada peserta. Foto: Rofiqus S

JEPARA (SUARABARU.ID) – SMPN 1 Welahan  menyelenggarakan  kegiatan  penting  dalam  upaya  meningkatkan kualitas pendidikan, yaitu  In House Training (IHT) dalam rangka review Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP). Acara tersebut diselenggarakan pada Kamis, 4 Juli 2024  bertempat di ruang keterampilan SMPN 1 Welahan dengan narasumber Joko Purwono, S.Pd.

Kegiatan tersebut diikuti oleh komite  sekolah, seluruh guru dan staff SMPN 1 Welahan, perwakilan peserta didik, dan perwakilan wali murid. Juga kegiatan Kepala Dinas Ali Hidayat, S.Pd., M.M. hadir dalam kegiatan tersebut. Secara khusus ia memotivasi para guru untuk mencurahkan perhatiannya  terhadap penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan.

Kepala SMPN 1 Welahan Rofi’i saat memberikan sambutan Foto: Rifiqus

Salah satu bahasan utama dalam kegiatan ini, yaitu review Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) yang merupakan kurikulum merdeka di tingkat satuan pendidikan.  In House Training (IHT) review Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) bertujuan untuk meninjau kembali KOSP tahun sebelumnya.

Kegiatan meninjau kembali KOSP disesuaikan dengan perubahan yang ada. Hal tersebut bertujuan agar dapat beradaptasi dengan perkembangan  zaman dan  disesuaikannya dengan kebutuhan peserta didik di  SMPN 1 Welahan.

Peserta IHT review Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan SMPN 1 Welahan. Foto: Rofiqus

Kepala SMPN 1 Welahan Rofi’i, S.Pd., M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan dengan adanya kegiatan In House Training (IHT) dalam rangka review Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP), diharapkan tim pengembang kurikulum dapat membuat KOSP secara orisinil dengan melihat kebutuhan dan karakteristik peserta didik di SMPN 1 Welahan.

 

Kegiatan  meninjau kembali Kurikulum Operasional  Satuan Pendidikan (KOSP) merupakan  langkah yang  krusial dalam memastikan pendidikan tetap relevan dan berdaya saing.  Selain itu, kegiatan tersebut dapat memberikan ruang bagi para pemangku kepentingan untuk berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMPN 1 Welahan.

Dengan  diselenggarakannya kegiatan In House Training (IHT) dalam rangka review Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP), diharapkan  dapat dipastikan bahwa pendidikan yang diberikan tidak hanya mengajarkan peserta didik apa yang perlu mereka ketahui. Namun, mempersiapkan peserta didik yang bertanggung  jawab dan berkompeten.

Hadepe – Rofiqus Syarifah